4 Tips Selfie Atau Memotret dengan Hands Free Mode atau Self Timer

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 30 November 2015

4 Tips Selfie Atau Memotret dengan Hands Free Mode atau Self Timer

Hi girls! Akhirnya ketemu bahan buat bikin post tips & trick lagi deh. Beberapa minggu terakhir ini aku suka banget bikin foto dengan hands free mode a.k.a pakai self timer. Dan, ini dia 4 tips selfie atau memotret dengan hands free mode atau self timer buat kamu yang mau mencoba!

 

(Baca juga: 5 Tips Membuat Foto Flatlay Untuk Blog dan Instagram)

 

Tipe Tripod

Ini benda kesayangan. Ha-ha-ha. Bagi aku, tripod enggak cuma tiang lurus penyangga kamera aja tapi adalah benda penting ke-dua setelah kamera buat penyaluran ide-ide aku.

 

 

Tripod yang aku pakai punya 'Ball Head'. Yaitu kepala tripodnya bisa diarahin ke mana aja, sampai mau setengah bengkok, agak condong keatas, miring dikit, miring banyak, ke mana aja, deh. Seperti halnya bola yang bisa gelinding ke segala sisi. Aku pernah cobain pakai tripod yang enggak Ball Head, bentuk kepalanya kotak, cuma bisa diputar ke sisi yang lurus-lurus aja. Kalau teman-teman mau beli tripod, aku saranin beli yang ada Ball Head-nya aja, ya.

 

(Baca juga: 10 Tips Sederhana Buat Fotografi Makanan)

 

Komposisi

Selain buat masukin ke blog, pasti aku masukin foto ke Instagram juga. Jadi ukurannya 4x4/square. Aku sering visit ke Instgrammer top, seringkali foto mereka unik karena komposisinya yang ga biasa (apa akunya yang lebay karena baru pernah lihat ya?). Menurutku sih unik, salah satunya karena enggak jarang foto mereka nampilin banyak blank area or ruang kosong dalam foto. Jadi orangnya kecil di pojok foto or di bawah foto terus temboknya luas. Contoh:

 

 

Tips dariku, tetep kita pakai komposisi rules of third/ 1:3 yang artinya objek ada di sebelah kiri frame, tengah, atau kanan frame. Atasnya? Kosong. Rules of third gambarannya kayak gini:

 

 

 

(Baca juga: 5 Tips Dasar Fotografi dari Fotografer Muda Indonesia)

 

Place & props

Kalau teman-teman pernah lihat fotoku di salah satu kamar yang kelihatan cozy dan homey, sebetulnya aku 'bikin' pas kalau lagi mau foto doang. Aslinya adalah kamar kosong punya kakak ipar yang tinggal di luar negeri lalu aku suka numpang foto karena paling strategis dengan jendela besar-besar dan kena sinar matahari paling bagus.

 

 

Terus aku make over kamarnya jadi kayak gini:

 

 

Jadi kalau teman-teman punya kendala yang sama denganku soal lokasi foto yang terbatas dan gitu-gitu aja, kita coba bikin dengan menggabungkan barang-barang yang ada untuk dijadikan properti foto. Aku belum pernah keluar duit sepeserpun buat beli props foto. Pelit? Mungkin! Hehe. Biasanya aku pinjam barang-barang yang ada di rumah buat dijadiin props foto. Tapi dengan kita enggak beli, kita jadi mikir buat manfaatin barang-barang yang ada atau malah bikin. Lumayan untuk mengasah kreatifitas kita.

 

Oh iya, terkadang kalau bosan sama foto yang 'flat' , kita coba dengan teknik framing yuk. Teknik framing dengan menaruh properti di dekat lensa kamera membuat properti itu terlihat blur. Pastikan fokus kamera ada di wajah kita ya, jangan fokuskan ke properti yang mau kita jadikan frame. Contohnya seperti foto di bawah ini:

 

 

Vas bunga+bunga aku gunakan sebagai frame, supaya dapet efek dreamy, homey, dan Point Of View-nya langsung tertuju sama kita. Behind the scene-nya kayak gini:

 

 

Karena kameranya lagi dipakai buat foto jadinya enggak keikut difoto deh. He-he-he.

 

(Baca juga: 8 Tips Fotografi dari Fotografer Handal, Justin Mott)

 

Fokus Kamera

Kalau pakai self timer, otomatis kita yang lagi setting kamera enggak ada di dalam frame, kan. Susah dong ya buat cari fokus ke diri kita. Hmm.. Kalau fokus kameranya enggak kita pas-in sama posisi yang kita mau, muka kita jadi nge-blur. Nah, caranya adalah siapin boneka yang bisa didudukin.

 

 

Waktu kita lagi setting kamera dan nentuin titik fokus, tinggal atur boneka dan letakkan di tempat yang nantinya jadi tempat buat kita berdiri/duduk. Setelah fokus ke boneka, pencet self timer, terus kita ganti posisi deh sama bonekanya. Nanti jadinya kayak gini:

 

 

Biasanya sih aku lempar bonekanya ke samping supaya enggak keikut difoto. Ha-ha-ha. Boneka bisa diganti benda lain. Tapi yang aman buat 'dilempar' sih boneka, ya. He-he-he.

 

Sekian deh Tips & Trick dari aku kali ini. Sampai ketemu di Tips & Trick mendatang, ya. Hope it helps!

 

(Baca juga: Pengakuan 5 Pengguna Instagram Di Balik Foto Sempurna Yang Mereka Posting)

 

 

(Yanita Pangellah, www.notonlywear.blogspot.co.id)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN