4 Tips Menolong Teman yang Depresi

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 25 Maret 2014

4 Tips Menolong Teman yang Depresi

Sikap teman kita dari hari ke hari semakin enggak wajar. Awalnya dia sering menolak waktu diajak jalan. Lama-kelamaan dia jadi jarang curhat lagi sama kita. Waktu kita tanya ada masalah apa engga, dia kelihatan menyembunyikan sesuatu. Kondisi badannya juga berubah drastis, kantung matanya juga semakin menghitam. Duh, teman kita kenapa, sih? Jangan-jangan dia depresi dan enggak mau cerita ke kita, girls. Bantu, yuk!

 

Ajak curhat

Keadaannya yang enggak wajar ini bikin kita khawatir. Sekalipun teman kita mencoba menyembunyikannya, sebaiknya kita ajak dia buat membicarakan ini. Tanya kenapa dia kelihatan enggak baik-baik saja selama ini. Keberadaan teman waktu seseorang depresi betul-betul dibutuhkan. Meskipun kita enggak bisa membantu masalahnya, kita bisa sedikit membantu dengan mendengarkan masalahnya.

 

Kata-kata manis

Waktu teman depresi, dia enggak butuh ceramah soal masalahnya dari kita. Dia cuma butuh merasa disayangi sama orang di sekitarnya. Duduk dan dengarkan semua ceritanya. Kalau kelihatannya dia mau menangis, biarkan dia menangis dan mengeluarkan semua emosinya. Bicarakan kata-kata yang membuat dia merasa penting, kayak kita menyayangi dia, kita bakal menemani dia sampai masalahnya selesai atau bakal mencari jalan keluar biar dia merasa baikan.

 

Gestur hangat

Kadang kata-kata saja enggak cukup buat menenangkan seseorang. Kita perlu memberikan gestur tertentu biar dia merasa lebih baik. Waktu dia menangis, usap-usap punggungnya atau berikan bahu kita buat dia bersandar. Kalau perlu, berikan pelukan biar dia merasa baikan. Gestur hangat kayak tadi bisa membuat dia merasakan kasih sayang kita dan enggak merasa sendirian.

 

Empati

Menemani dan mencoba membantu teman yang depresi adalah soal gimana kita mengerti masalahnya. Coba bayangkan kalau kita ada di posisi dia saat ini, apa yang bakal kita rasakan dan lakukan? Kita perlu bersabar kalau teman kita enggak mau cerita lebih lanjut soal alasan depresinya ini. Waktu kita bersabar sama dia, itu berarti kita ngasih tau bakalan selalu ada di samping dia meskipun dalam waktu yang lama dia belum bisa cerita sama kita.

 

(lana, foto: weheartit.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN