4 Penyakit Dengan Gejala Perut Kembung

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 21 September 2014

4 Penyakit Dengan Gejala Perut Kembung

Sering menganggap perut kembung adalah penyakit ringan? Tapi, jangan anggap enteng masalah perut satu ini, karena bisa jadi indikasi berbagai penyakit atau gangguan berbahaya pada saluran pencernaan. Ini dia 4 penyakit dengan gejala perut kembung.

 

(Baca juga: Penyebab Sering Kentut)

 

Dyspesia atau indigestion
Kembung membuat perut enggak nyaman, mual dan ingin muntah. Ini bisa jadi salah satu tanda bahwa seseorang mengalami masalah pada saluran pencernaan. Menurut DR. Djoko Maryono, Sp.PD, Sp.JP, FIHA, FASE, seorang internis dan kardiologis dari Rumah Sakit Pertamina, Jakarta perut kembung juga merupakan bagian dari penyakit dyspesia atau indigestion.

 

Penyakit ini menyerang usus dan mengindikasikan adanya abnormalitas pada sistem pencernaan, seperti borok di usus 12 jari atau peptic ulcer, luka pada lambung. Ataupun naiknya asam lambung ke kerongkongan.

 

Infeksi atau bisul lambung
Kembung dapat disebabkan karena situasi dalam lambung. Misalnya karena kerja dan kontraktilitas lambung melambat atau lambung yang kosong. Selain itu, perut kembung juga dapat mengindikasikan adanya tukak, infeksi, maupun bisul pada lambung.

 

Bisul atau infeksi ini terjadi dikarenakan erosi pada lambung atau keadaan lambung yang menipis. Keadaan ini bisa terjadi karena konsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat anti depressant maupun anti reumatik.

 

(Baca juga: Pola Makan yang Berhubungan dengan Emosi Kita)

 

IBS (Irritable Bowel Syndrome)
Masalah perut satu ini bisa jadi indikasi seorang mengalami penyakit Irritable Bowel Syndorme (IBS), yaitu sindrom iritasi usus, yang merpakan gangguan pencernaan serius yang menggangu fungsional pergerakkan usus. Iritasi ini membuat usus jadi lebih sensitif dan cepat bereaksi ataupun rekasinya yang dihasilkan usus jadi berlebihan.

 

Gejala perut kembung parah ini, juga disertai dengan masalah buang air. Mulai dari susah buang air besar ataupun diare parah dan perut nyeri. Penyebabnya bisa terjadi karena terlalu banyak makan-makanan yang berlemak sehingga kekurangan serat.

 

Kelainan jantung
Menurut Dr Djoko Maryonio ahli Internis dan Kardiologuis dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, perut kembung bisa jadi tanda kelainan jantung yang berkaitan dengan pembuluh dara LAD (Left Antirior Dicending). Hati-hati, karena gejalanya bisa perut kembung disertai dengan keringat dingin terus menerud dan denyut nadi yang bergerak cepat dan juga rasa sakit di perut.

 

Karena pembuluh dari LAD ini yang berhubungan dengan jantung searah jalannya menuju lambung. Parahnya lagi, masalah ini dapat menyebabkan serangan jantung tiba-tiba yang fatal dan menimbulkan kematian.

 

(Baca juga: Bahaya Kebiasaan Menggigit Kuku)

 

(ega/hai-online.com, foto: mashable.com

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN