4 Masalah Persahabatan Gara-Gara Uang & Cara Menghadapinya (Bagian 2)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 25 November 2014

4 Masalah Persahabatan Gara-Gara Uang & Cara Menghadapinya (Bagian 2)

Uang bisa bikin persahabatan jadi renggang. Duh, jangan sampai, deh, kita kehilangan sahabat karena masalah uang ini. Cari tahu apa saja masalah dalam persahabatan yang bisa ditimbulkan oleh uang sekaligus cara mengatasinya, yuk.

 

(Baca juga: Tips Hadapi Teman yang Perhitungan)

 

Masalah 3: "Gimana Caranya Nagih Utang Ya?"

Situasi: Teman sudah lama berutang dan enggak ada tanda-tanda mau ngembaliin. Kita sudah lama pengin menagih, tapi selalu merasa enggak enak hati. Padahal, kita sedang membutuhkan uang itu.

 

Membayar utang adalah kewajiban. Jika sudah lama banget, enggak ada salahnya, kok, menagihnya. Tapi, harus dengan cara yang sopan agar teman enggak tersinggung.

 

Caranya:

    1. Perhatikan keadaan teman. Apakah saat itu dia terlihat lagi enggak ada uang atau sedang membutuhkan uang? Saat ingin menagih utang, pilih timing yang pas. Misalnya, setelah teman mendapat uang jajan bulanannya.


    2. Menawarkan cicilan. Kita tahu kalau dia juga butuh uang jajan itu, jadi tawarkan cicilan sampai utangnya lunas jika jumlahnya cukup besar.


    3. Ingatkan jauh-jauh hari, misalnya seminggu sebelum dia menerima uang jajan. Jadi, dia bisa menyisihkan uang jajan untuk membayar utangnya.


    4. Beritahu keadaan keuangan kita dan alasan kita membutuhkan uang itu. Dengan begitu, dia pasti akan merasa enggak enak sehingga mau membayarnya.

     

    (Baca juga: 4 Alasan Sahabat Enggan Bayar Utang)

     

    Masalah 4: "Duh, Temanku Suka Ngutang"

    Situasi: Kita punya teman yang suka berutang. Lebih parahnya lagi, teman ini enggak masalah meminjam uang meski pinjaman sebelumnya belum dibayar. Sekilas, tampak mirip dengan tipe satu. Bedanya, teman tipe ini dengan sadar meminta pinjaman, sedang tipe satu berutang tanpa sengaja.

     

    Wajar jika kita suka kesal menghadapi teman tipe ini. Soalnya, kan, keuangan kita juga terbatas dan ada kebutuhan yang wajib dipenuhi juga. Daripada berantem atau dicap pelit, kita bisa mengatasinya.


    Caranya:

      1. Berhenti menawarkan pinjaman. Bisa jadi dia sering berutang karena kita terbiasa menawarkan pinjaman.


      2. Menolak dengan tegas. Saatnya berhenti memberi pinjaman karena kita memburuhkan uang itu untuk kebutuhan lain. Beritahu dia soal kebutuhan kita ini sehingga dia tidak tersinggung saat permintaanya ditolak.


      3. Minta pendapat teman lain sebelum memutuskan untuk memberi pinjaman atau enggak. Jika ternyata dia hanya ingin membeli hal kurang penting, kita boleh menolaknya.

       

      (Baca juga: 4 Masalah Persahabatan Gara-Gara Uang & Cara Menghadapinya Bagian 1)

       

      (iif, foto: reddit.com, whatculture.com, tumblr.com)

       

       

      author :

      Redaksi Kawanku

      Kawanku - Majalah Remaja Cewek

      Komentar Kamu

      EMBED THIS ARTICLE

      Copy and paste this code into your website.

      ×
      Up

      SIGN IN