4 Makanan Pengusir Migrain

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 4 Juni 2013

4 Makanan Pengusir Migrain

Pernah ngerasain sakit kepala hanya di satu sisi? Misalnya, hanya di kepala bagian kiri. Itulah migrain. Sakit kepala yang disertai rasa nyeri berdenyut pada satu sisi kepala saja. Migrain sebenarnya belum diketahui secara pasti penyebabnya. Tapi, diperkirakan disebabkan oleh peningkatan aliran darah di otak sehingga terjadi pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi (luka radang).

 

Beberapa pemicu migrain adalah karena stres, kurang tidur, dan menstruasi. Menurunnya hormon ekstrogen yang dialami kita saat sedang menstruasi juga memicu terjadinya migrain. Kalau mengalami sakit kepala migrain, coba konsumsi makanan dibawah ini, deh. Soalnya bisa membantu meredakan rasa sakit akibat migrain. Tapi, jangan lupa untuk istirahat juga ya, girls!

 

Makanan bermagnesium

Rendahnya tingkat magnesium dalam tubuh bisa membuat otak kita menjadi lebih sensitif sehingga bisa memicu migrain. Magnesium juga memiliki efek menenangkan sehingga berguna untuk meredakan sakit kepala. Karena itu, konsumsilah makanan yang kaya magnesium. Seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, kismis, dan sayuran hijau seperti bayam atau brokoli.

 

Seafood

Terutama ikan, seperti ikan salmon yang kaya akan omega 3 dan asam lemak. Ampuh membantu mengurangi peradangan pembuluh darah otak yang disebabkan oleh migrain.

 

Makanan Mengandung Vitamin B2 (Riboflavin)

Kandungan riboflavin atau vitamin B2 dipercaya berkhasiat untuk mengobati sakit kepala seperti aspirin. Vitamin B2 bisa kita dapatkan di keju, daging, dan telur. Selain itu, makanan mengandung vitamin B2 bisa membantu mengatasi ketegangan pembuluh darah di otak. Kalau otak rileks, dijamin migrain hilang.

 

Jahe

Jahe mengandung senyawa yang dapat menghambat prostaglandin, senyawa kimia yang dapat memicu migrain. Jahe juga diyakini mampu mengatasi radang pada pembuluh darah di otak yang merupakan salah satu pemicu migrain. Jahe bisa kita konsumsi dengan cara merebusnya dengan air atau dicampur dengan teh.

 

(natasia/isma, foto: dok. malohealthandwellness.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN