4 Kebiasaan Yang Bikin Enggak Sehat

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 10 Maret 2013

4 Kebiasaan Yang Bikin Enggak Sehat

Tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan buruk yang ternyata bikin enggak sehat. Baik jadi enggak bugar ataupun menimbun lemak dalam tubuh. Mulai sekarang  yuk rubah kebiasaan buruk itu.

 

 

Kurang tidur

Bisa jadi karena banyak tugas atau begadang nonton tv, pertandingan bola, atau keasikan online di socmed dan nonton video seleb favorit. Alhasil mengorbankan waktu tidur, apalagi pagi harinya sekolah. Atau saat  akhir pekan sering begadang karena esok harinya bisa bangun siang, ternyata disuruh bangun pagi sama ibu.

 

 

Cara mengatasi:

Sekali-kali begadang boleh saja, asal jangan keseringan dan kalau bisa tidur dulu di siang atau sorenya. Tapi kalau sudah tahu besok harus sekolah pagi, lebih baik korbankan dulu keinginan buat begadang.

 

Saat waktu tidur tiba, jauhkan diri dari hape atau gadget lain yang menguhubungkan kita dengan internet.

 

Olahraga teratur. Ini bisa tubuh kita lebih relaks dan cenderung tidur lebih cepat dan pulas.

 

Jangan minuman berkafein seperti kopi atau teh menjelang tidur.

 


Enggak sarapan

Mungkin terkesan biasa melewatkan sarapan, padahal sarapan bisa bikin tubuh lebih buagar dan melancarkan metabolisme dari pagi hari. Orang yang sarapan juga cenderung makan siang  lebih sedikit dan enggak pengin ngemil seharian.

 

Cara mengatasi:

Bangun pagi dan bersiap-siap dengan cepat agar punya waktu cukup untuk sarapan.  Kalau cuma punya waktu sedikit, sarapan yang praktis saja kaya sereal, roti atau jus. Boleh juga di bawa bekal.

 


Makan sambil melakukan kegiatan lain

Makan sambil nulis, baca atau nonton tv, bisa bikin kita enggak sadar atau merasa enggak puas. Padahal kita telah menghabiskan satu porsi besar. Akhirnya malah jadi pengin ngemil lagi. Begitu juga dengan ngemil sambil nonton, main komputer atau menelepon. Biasanya jadi enggak sadar sudah menghabiskan satu toples besar camilan. Ahirnya bikin kita gemuk deh.

 

Cara mengatasi:

Saat makan, fokus pada makanan yang dimakan dan kunyah perlahan sambil nikmati. Makan pelan-pelan berpengaruh pada kelancaran pencernaan dan bikin merasa lebih puas. Batasi camilan saat nonton atau online, dan jauhkan sisanya dari jangkauan kita.

 


Minuman berasa dan berwarna

Di sekolah atau saat makan di luar, kita cenderung buat membeli minuman yang berasa dan berwarna, yang berarti juga tinggi kalori (selain jus buah) daripada air putih. Kadar gula atau sakarin yang tinggi dalam minuman itu lah yang berkalori tinggi dan bisa bikin kita gemuk atau menaikan kadar gula darah.

 

Cara mengatasi:

Perbanyak minum air putih. Caranya dengan membawa selalu bekal air putih, pakai tempat bekal yang lucu biar lebih semangat bawanya. Jangan biasakan membeli minuman bersoda atau beasa dan berwarna lainnya saat jajan atau makan di luar. PIlih air putih, atau kalau sedang pengin minuman manis, pilih jus buah lebih baik.

 

(aisha, foto: corbisimages.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN