4 Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Cewek Saat Menstruasi & Perlu Kita Ketahui

Published by : Aisha Ria Ginanti Posted on : Jumat, 22 April 2016

Pernah mengalaminya?

Bagi sebagian cewek, menjalani masa menstruasi bukanlah hal yang mudah. Enggak hanya memengaruhi suasana hati, juga rasa sakit yang dialami nyatanya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ini dia 4 hal yang terjadi pada tubuh cewek saat menstruasi dan perlu kita ketahui.

 

Baca juga: 4 Tanda Menstruasi Tidak Sehat

 

Jadi mudah terinfeksi bakteri

Dr Jennifer Wider, juru bicara Society of Women's Health Research, mengatakan, pH pada vagina dapat meningkat saat mentruasi. Kenaikan kadar pH, ditambah dengan perubahan hormon yang terjadi selama menstruasi, dapat menyebabkan timbulnya peningkatan infeksi bakteri pada beberapa cewek.

 

Sensitif pada rasa sakit

Sebuah penelitian dari Oxford menunjukkan bahwa nyeri yang dialami semasa menstruasi mungkin memengaruhi bagaimana perempuan mengalami rasa nyeri di luar masa menstruasi. Setiap perempuan memiliki rasa nyeri dan siklus yang berbeda. Penelitian tersebut menemukan bahwa perempuan yang mengalami menstruasi yang lebih menyakitkan memiliki peningkatan sensitivitas terhadap rasa sakit. Hal ini tentu saja berkaitan pula dengan kadar estrogen yang rendah dalam tubuh. Hal ini memungkinkan perempuan mengalami rasa sakit lebih, bahkan ketika sedang tidak haid.

 

Baca juga: 5 Aplikasi Terbaik untuk Mencatat Jadwal Menstruasi

author :

Aisha Ria Ginanti

Reporter di KaWanku sejak tahun 2012.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN