4 Hal yang Bisa Ditebak dari Senyum

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Jumat, 19 Juni 2015

4 Hal yang Bisa Ditebak dari Senyum

Apakah kamu sering tersenyum? Dari senyum seseorang kita bisa melihat beberapa hal yang mungkin mereka enggak langsung ceritakan. Menurut para peniliti ada 4 hal yang bisa ditebak dari senyum seseorang.

 

(Baca juga: Keajaiban Senyum Untuk Tubuh)

 

Kesehatan

Studi yang sama juga menemukan bahwa para cewek yang menampilkan senyum dengan gigi putih yang bersinar memiliki kesehatan yang lebih prima. Para cewek  ini juga dilaporkan memiliki tingkat kepuasan hidup yang lebih tinggi dan lebih sehat daripada mereka yang tidak menampilkan senyum seperti itu.

 

Percintaan

Mengutip situs Good Housekeeping ,para peneliti meneliti foto buku tahunan universitas, mereka menganalisis foto-foto mahasiswi yang menampilkan senyum lebar dengan pipi yang sedikit naik, sudut-sudut mulut yang naik, dan kerutan pada sudut mata yang mengekspresikan kebahagiaan. Senyum ini disebut senyum duchenne.

 

 

Para peneliti menghubungi para cewek dengan senyum ini di buku tahunan mereka 30 tahun setelah foto diambil. Dilaporkan bahwa para cewek ini dikabarkan memiliki kebahagiaan yang lebih besar ketimbang teman-teman mereka yang enggak menampilkan senyum yang lebar.

 

 

(Baca juga: Kapan Waktu Kita Harus Tetap Senyum Walau Lagi Badmood)

 

Potensi untuk menang

Para peneliti menganalisis senyum petinju sebelum pertandingan. Hasilnya, ditemukan bahwa atlet yang menampilkan senyum lebar sebelum pertandingan ternyata cenderung akan kalah. Sepertinya faktor intimidasi sangatlah berpengaruh.

 

Kebahagiaan

Senyum yang tulus dapat memberikan kebahagiaan, tapi hanya kalau senyum itu enggak pura-pura. Penelitian menganalisis dua kelompok pengemudi bus dalam eksperimen. Kelompok pertama menampilkan senyum palsu agar terlihat sopan kepada penumpang. Kelompok lain diminta untuk memikirkan hal-hal yang membahagiakan dan senyum sebagai reaksi terhadap pikiran tersebut.

 

 

Hasilnya, hanya kelompok kedua yang mengalami suasana hati yang lebih baik. Di samping itu, kelompok ini juga dilaporkan mengalami peningkatan tingkat produktivitas.

 

(Baca juga: Manfaat Senyum Tulus Buat Otak)

 

(sakina/female.kompas.com, foto: tumblr.com, doctoroz.com, twitter.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN