4 Cara Merawat Vagina di Musim Hujan

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Jumat, 2 Januari 2015

4 Cara Merawat Vagina di Musim Hujan

Di musim hujan gini, kita harus semakin memperhatikan kebersihan organ intim. Soalnya, dengan kelembaban yang tinggi, jamur dan bakteri lebih mudah tumbuh dan mengganggu kebersihan serta kesehatan organ vital. Gimana cara merawat vagina di musim hujan?

 

(Baca juga: 5 Fakta Tentang Vagina Yang Harus Diketahui Cewek)

 

Sering ganti pakaian dalam

Pakaian dalam bersih is a must. Kita mandi dua kali sehari, sebanyak itu juga kita ganti pakaian dalam. Malah kalau udah terasa enggak nyaman, enggak ada salahnya ganti. Pilih pakaian dalam berbahan katun. Bahan lain, misal nylon, enggak menyerap panas dan menimbulkan kelembaban di vagina. Dan berisiko memudahkan pertumbuhan bakteri dan jamur.

 

(Baca juga: Awas, Bahaya Pakaian Dalam Terlalu Ketat!)

 

Sering ganti pembalut

Kalau lagi dapet, ganti pembalut setiap dua jam sekali. Pembalut bisa jadi sarang pertumbuhan bakteri dan jamur, karena kelembaban yang tinggi.

 

(Baca juga: Bahaya Yang Harus Kita Tahu Kalau Malas Ganti Pembalut)

 

Pastikan selalu kering

Setelah buang air kecil, keringkan dengan handuk bukan tisu. Perhatikan juga dudukan toilet atau air yang digunakan untuk membasuh vagina. Dudukan toilet dan air juga berpotensi jadi tempat pertumbuhan bakteri dan jamur.

 

(Baca juga: Cara Mencegah Bau Tidak Sedap di Vagina)

 

Pakai larutan pembersih

Selama musim hujan, sebaiknya gunakan larutan pembersih setiap hari. Lokasi dengan kelembaban tinggi  meningkatkan peluang tumbuhnya jamur dan bakteri. (sumber: kompas.com)

 

(Baca juga: Tips Cara Mencegah Keputihan Dari Dokter Spesialis)

 

(astri, foto: tumblr.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN