4 Cara Menghindari Kecanduan Social Media

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 25 Juni 2014

4 Cara Menghindari Kecanduan Social Media

Kecanduan sulit untuk dihilangkan. Apalagi ini, kecanduan social media. Apakah kamu salah satunya? Yang lama terpaku pada laptop atau smartphone, terobsesi mengunggah foto-foto selfie, harus men-tweet setiap 15 menit? Yuk simak, 4 cara menghindari kecanduan social media.

 

(Baca juga: Fakta Seru Soal Social Media)


Istirahatkan diri dan jauhi
Jauhkan diri dari semua bentuk social media. Nonaktifkan akun Facebook, jauhi Twitter dan Path selama seminggu, sebulan. Kecuali untuk yang benar-benar penting. Lihat perubahan positif yang terjadi pada diri kita.

Tentu kita mungkin kelewatan tweet terbaru dari teman, tetapi kita akan mendapatkan banyak waktu dan kebebasan lain untuk diri kita sendiri. Kita bisa lebih produktif, baik dengan keluarga dan teman-teman dalam kehidupan nyata. Gunakan waktu untuk belajar hobi baru, melakukan sesuatu yang baru. Memperbaiki dan mengembangkan diri sendiri.

(Baca juga: Asyiknya Aktif di Social Media)

Gunakan filter situs dan blocker
Ada software untuk setiap browser yang dapat membatasi penggunaan situs tertentu, juga untuk menonaktifkan mereka sepenuhnya. Coldturkey adalah salah satu perangkat lunak tersebut yang dapat memblok situs tertentu. Gunakan software ini untuk kebutuhan kita. Misalnya, mulailah mengatur penggunaan Facebook untuk periode terbatas dan lihatlah produktivitas kita akan meningkat!

Jika tidak butuh, tapi perlu beli smartphone berfitur lengkap
Smartphone memudahkan akses kita ke internet. Jika kecanduan social media kita sangat buruk, mungkin sudah waktunya untuk downgrade ponsel ke smartphone yang levelnya lebih bawah. Kita dapat memangkas penggunaaan ponsel hanya untuk hal-hal penting seperti panggilan telepon dan SMS. Plus, kita sekarang memiliki baterai yang lebih tahan lama.

(Baca juga: Social Media It Girl)

Rapikan daftar teman
Cara menghindari kecanduan social media
berikutnya adalah merapikan friend list kita. Semakin banyak jumlah orang dalam daftar teman, semakin besar daftar teman kita. Semakin banyak waktu yang kita habiskan untuk membaca dan memeriksa kegiatan orang lain. Mungkin, saatnya untuk memangkas daftar itu ke angka yang wajar. Cukup temani yang kita kenal saja. (sumber: magforwomen)

 

Baca bagian selanjutnya dengan klik di sini.

 

(inasshabihah/intisari-online.com, foto: pandawhale.com

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN