4 Cara Berdiskusi Dengan Orangtua Saat Berbeda Pendapat Soal Jurusan Kuliah

Published by : Ifnur Hikmah Posted on : Jumat, 8 Juli 2016

4 Cara Berdiskusi Dengan Orangtua Saat Berbeda Pendapat Soal Jurusan Kuliah

Pilihan jurusan adalah hal yang paling sering menyebabkan perbedaan pendapat. Biasanya orangtua memilih jurusan yang dirasa cocok dengan kita. Di sisi lain, kita merasa paling tahu apa yang kita inginkan dan yakin kalau kita enggak cocok dengan jurusan pilihan orangtua. Hal ini seringkali enggak bisa dihindari. Saat menghadapinya, kita harus siap berdiskusi dengan orangtua untuk mencari jalan tengah. Berikut 4 cara berdiskusi dengan orangtua saat berbeda pendapat soal jurusan kuliah. Klik di sini untuk melihat jurusan kuliah yang cocok berdasarkan 16 tipe kepribadian.

 

Punya argumen yang pas.

Hindari alasan emosional dan pola pikir ‘pokoknya aku mau kuliah di jurusan ini. Titik’ yang hanya akan membuat orangtua makin sulit mengizinkan kita memilih jurusan tersebut. Siapkan argumen yang logis, seperti lapangan pekerjaan yang tersedia setelah lulus, gambaran proses perkuliahan, bakat dan kelebihan yang kita miliki untuk menunjang ilmu yang didapat selama kuliah, tujuan setelah lulus, dan contoh-contoh alumni yang sudah sukses. Dengan gambaran ini, tentunya orangtua mendapat perspektif baru tentang jurusan pilihan kita yang mungkin saja selama ini belum mereka ketahui.

author :

Ifnur Hikmah

Writing. Reading. Eating. And Fangirling. Reporter di KaWanku sejak 2013. Pernah interview Charli XCX dan telepon-teleponan dengan Troye Sivan. Paling senang ketika ketemu dan interview GOT7, terutama JB dan berharap bisa ngobrol sama SHINee

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN