4 Alasan Sahabat Enggan Bayar Hutang

Published by : Marti Posted on : Kamis, 6 Maret 2014

4 Alasan Sahabat Enggan Bayar Hutang

Lama-lama jengkel punya sahabat yang hobi pinjam uang tapi enggak ngembaliin uang itu. Tiap menagih hutang, kita merasa enggak enak. Tapi dia beli barang baru tanpa berpikir ngembaliin uang kita. Help!

 

Mereka Niat Enggak Ngembaliin

Fakta penting yang harus diketahui. Dari awal mereka pinjam uang, mereka enggak pernah niat untuk ngembaliin pinjaman tersebut. Mereka berpikir kalau pertemanan itu harusnya enggak perhitungan.

 

Tips: Supaya hubungan kita tetap terjaga dengan baik, sebaiknya jangan mudah memberikan pinjaman ke sahabat kita. Pilih sahabat yang menurut kita jujur dan bisa dipercaya bila harus meminjamkan uang kepadanya.

 

Dicap Terlalu Baik

Sahabat kita berpikir kalau kita sangat baik dan pengertian. Artinya, meminjam uang beberapa kali tanpa mengembalikannya bukan masalah besar buat kita.

 

Tips: Kalau dia sudah terlanjur pinjam uang, coba menagih dengan cara pintar. Misal, dia pernah pinjam uang untuk membeli sesuatu dengan jumlah tertentu, kita bisa menagih pura-pura butuh uang pas bayar taksi dengan dia. Atau bayar tagihan makan saat hang out dengan dia. Pasti dia akan merasakan posisi kita secara langsung karena enggak mau menagih uang tersebut.


Pinjaman Itu Enggak Pernah Terjadi

Biasanya, sahabat ada yang lupa atau pura-pura lupa dengan pinjaman uang pada kita. Bagi mereka, pinjaman itu enggak pernah ada. Dengan alasan perteman tadi.

 

Tips: Biasakan mencatat uang yang dipinjam teman kita. Biar enggak menyinggung perasaan dia. Ingatkan jumlah dan perincian kapan pinjaman itu, tanpa embel-embel menagihnya. Misal, "kemaren uang aku dipinjam kita jadi 100 ribu kan? Buat bayar taksi dan makan,". Pasti dia enggak enak hati dan mengembalikannya ke kita.

 

Persahabatan Enggak Rusak Karena Hutang

Bagi sahabat kita, hutang adalah masalah sepele yang enggak perlu diperpanjang. Bagi dia, kita enggak akan musuhan atau keluar dari persahabatan karenanya.

 

Tips: Belajar untuk bisa memberi alasan menolak secara halus. Supaya hubungan kalian tetap baik tanpa masalah uang.

 

 

(stefanie, foto: laitosnouri.blogspot.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN