4 Alasan Kita Harus Lebih Percaya 16 Tipe Kepribadian Daripada Ramalan Zodiak

Published by : Natasha Erika Posted on : Selasa, 15 September 2015

4 Alasan Kita Harus Lebih Percaya 16 Tipe Kepribadian Daripada Ramalan Zodiak

Girls, pernah dengar soal tipe kepribadian INTJ atau ESTP atau lengkapnya, 16 tipe kepribadian? 16 tipe kepribadian merupakan salah satu model pemetaan kepribadian manusia yang termasuk paling tepat sasaran membaca karakter individu per individu. Kalau biasanya kita membaca kepribadian lewat zodiak, coba kita gali lebih dalam tipe kepribadian lewat yang satu ini, deh. Sebenarnya, apa sih yang bikin kita harus sangat memanfaatkan tipe kepribadian kita berdasarkan model ini? Ini 4 alasan kita harus lebih percaya 16 tipe kepribadian daripada ramalan zodiak.

 

Baca juga: Tebak Kepribadian Berdasarkan Bentuk Jari Kaki

 

Kepribadian manusia itu rumit

Kalau kita melihat dari sejarah, manusia sudah mencoba berbagai pola untuk mendeskripsikan dan mengelompokkan kepribadian. Salah satu pola kepribadian yang terkenal adalah sanguine, choleric, melancholic dan phlegmatic. Situs 16 Personalities menceritakan kalau manusia masih terus mengejar pola yang dapat diandalkan dan didefinisikan dengan baik untuk memenuhi suatu hal yang kompleks seperti kepribadian manusia. Makanya, ramalan zodiak mungkin enggak bisa memenuhi sepenuhnya kepribadian tiap-tiap orang yang sebenarnya sangat rumit. Mungkin ada beberapa sifat umum yang kita banget kalau dilihat dari zodiak, tapi 16 tipe kepribadian bisa melihat lebih dalam dan detail. Makin penasaran, bukan? Hi-hi-hi.

 

Berdasarkan teori kepribadian manusia

Enam belas tipe kepribadian berasal dari berbagai teori kepribadian manusia yang telah berkembang dari masa ke masa. Tipe kepribadian ini terbentuk dari teori tipe psikologi berdasarkan Carl Gustav Jung yang dikembangkan Katharine Cook Briggs dan anaknya, Isabel Briggs Myers. Makanya berdasarkan pemikiran dan teori psikologi, 16 tipe kepribadian bakal memberi gambaran tentang diri kita lebih jelas dan tepat sasaran.

 

(foto: dailyshard.wordpress.com)

 

Lebih mengenal dan menggali potensi diri kita

Melalui 16 tipe kepribadian, kita bisa lebih mengenal diri sehingga bisa lebih menggali potensi dalam diri. Berbagai tipe kepribadian ini belum tentu 100 persen benar. Bisa saja ada 10 persen yang bukan diri kita banget. Tapi, 16 tipe kepribadian bisa jadi indikator yang menunjukkan kecenderungan kepribadian kita. Sehingga, kita bisa mengembangkan diri menjadi lebih baik dengan acuan ini, girls! Lumayan... Siapa tahu ada potensi atau jiwa kepemimpinan terpendam dari diri kita. He-he-he.

 

Kecenderungan lebih tepat sasaran

Pasti kita sering kepo kira-kira tipe cowok yang cocok sama karakter kita berdasarkan zodiak itu yang seperti apa, bukan? Nah, zodiak memang memberi gambaran kepribadian berdasarkan posisi rasi bintang dan elemen yang terkandung. Tapi, ada cara yang lebih tepat sasaran buat membaca karakter kita yaitu dengan 16 tipe kepribadian. Dalam 16 tipe kepribadian terkandung 5 aspek yakni Mind (Introverted atau Extraverted), Energy (Observant atau Intuitive), Nature (Thinking atau Feeling), Tactics (Judging atau Prospecting) dan Identity (Assertive atau Turbulent). Jadi, bakalan lebih tepat sasaran ketika kita cari tahu jurusan kuliah apa yang paling cocok berdasarkan tipe kepribadian.

 

Cari tahu 16 tipe kepribadian kita, yuk!

Buat tahu 16 tipe kepribadian kita, coba ikuti tes-nya di sini

 

Apa saja 16 tipe kepribadian? Baca juga: Ada 16 Tipe Kepribadian, Yang Manakah Kamu?

 

(foto: mentalfloss.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN