3 Tips Sebelum Pelihara Binatang

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 4 Juli 2013

3 Tips Sebelum Pelihara Binatang

"Every dog deserves a home, but not every home deserves a dog," kata Cesar Millan si pelatih anjing terkenal. Memang benar, sebelum memelihara binatang, kita harus pastikan kalau kita siap dengan segala kesenangannya sekaligus resikonya, girls. Ini dia beberapa hal yang harus kita pertimbangkan sebelum membawa si lucu ke rumah.

 

Siap repot

Kalau kita mau pelihara hewan, tandanya kita harus siap repot setiap hari. Kita harus rajin kasih makanan, mandiin paling enggak setiap dua minggu sekali, mengurus kebersihan dia, sampai rutin cek medis ke dokter hewan. Bisa dibilang, waktu dan perhatian kita akan terbagi dua, antara urusan kita dan hewan.

 

Butuh biaya

Memelihara hewan itu butuh biaya yang enggak sedikit. Kalau selama ini kita kira hewan peliharaan cukup dikasih makan aja, kita salah besar. Ketika kita mau punya hewan peliharaan, kita harus siap biaya makanannya, perawatannya (contoh: ke salon hewan, beli shampoo khusus hewan), aksesoris dan mainan, sampai (lagi-lagi) perawatan medisnya. Untuk perawatan sendiri, butuh biaya Rp. 75.000 - Rp. 150.000. Belum lagi kalau hewan kita sakit, biaya penanganannya bisa sampai satu juta rupiah, lho!

 

Suasana nyaman

Hewan itu ternyata mahluk yang sensitif lho, girls. Menurut Cesar Millan, seorang trainer anjing, suasana rumah si majikan sangat berpengaruh terhadap psikologis hewan itu sendiri, karena mereka bisa ngerasain mood manusia lebih peka daripada manusia itu sendiri. Jadi kalau kita belum bisa menciptakan suasana rumah yang nyaman, seperti sering bete karena capek sekolah atau masih suka berantem sama saudara kita, mending pikir dua kali deh untuk pelihara hewan di rumah.

 

Ketika kita memutuskan untuk memelihara hewan di rumah, entah anjing, kucing, atau hewan kecil seperti hamster, otomatis kita punya tanggung jawab lebih lagi setiap hari. Bukan hanya sekolah, bantu beres-beres rumah, atau belajar aja. Bisa dibilang, hidup hewan peliharaan kita bergantung dengan cara kita memelihara mereka. Jadi, kalau belum siap, sebaiknya jangan karena kasihan hewan peliharaan kita yang nantinya enggak keurus.

 

(audrey, foto: petandparasites.org)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN