3 Tips Hadapi SMS Spam

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 3 April 2013

3 Tips Hadapi SMS Spam

Girls, pernah menerima SMS yang meminta pulsa berlagak seperti orang yang mengenal kita? Seperti Mama minta pulsa? Atau SMS berisi tawaran pinjaman uang dengan cara menggadaikan surat berharga? Dan masih banyak lagi SMS 'nyasar' yang mengganggu. Ini namanya SMS spam, ia dikirim dari alat dan orang-orang yang punya tujuan jahat sama kita.

 

SMS spam dikirim secara acak dengan tujuan si penerima tertipu hingga melakukan apa yang diminta si pengirim. Jika kita mendapatkan SMS semacam itu, yang sebaiknya kita lakukan adalah,

 

Abaikan

Jangan balas sms tersebut, apalagi dengan mengolok-olok. Jika mereka kesal, nomor kita bisa digunakan sebagai nomor CS yang berada di SMS penipuan mereka berikutnya, wah bahaya kan kalau kita disangka pelaku kriminal.

 

Selain itu, ada beberapa SMS spam yang jika kita balas, akan langsung mengaktifkan programnya, dan kita akan langsung terdaftar di program mereka yang biasanya berbayar secara otomatis.

 

Block

Kalau handphone kita punya fasilitas yang bisa memfilter SMS yang kita terima, segera block nomor tersebut agar kita tidak mendapat SMS mengganggu dari nomor yang sama. Biar handphone kita tenang dari gangguan juga kan.

 

Lapor

Jika kita menerima SMS spam dan merasa sangat mengganggu, laporkan ke pihak berwajib, mereka yang akan mengambil alih untuk menghentikan tindakan yang mengganggu kenyamanan masyarakat.

 

Catat nomor pengirim lalu laporkan, semakin banyak laporan yang diterima atas satu nomor maka pihak berwajib bisa semakin cepat mengatasinya. Kalau tidak ada yang lapor, mereka juga tidak tahu telah terjadi tindak kejahatan itu kan?

 

Bagi pengguna provider XL, bisa melaporkannya ke fasilitas pelaporan SMS spam/SCAM di 588, dengan format "Lapor#MSISDN spammer#isi SMS" atau langsung hubungi customer service XL di 817. Nomor yang terbukti melakukan SMS penipuan akan di-block secara permanen oleh pihak XL.

 

(uswatun/astri, foto: parentdish.co.uk)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN