3 Hal yang Harus Dilakukan Anak atau Remaja Introvert Agar Bisa Jadi Orang Sukses

Published by : Aisha Ria Ginanti Posted on : Minggu, 8 Mei 2016

sumber: tumblr.com

Siapa bilng kalau sifat introvert itu enggak bagus dan orang berkepribadian introvert susah untuk sukes? Enggak sama sekali, kok. Penulis bernama Susan Cain yang sukses dengan buku Quiet: The Power of Introverts in a World That Can’t Stop Talking, mengatakan bahwa dirinya sering mendengarkan pernyataan bahwa memiliki sifat introvert adalah hal yang buruk.

 

Tapi, dia memiliki kepercayaan bahwa seseorang dengan sifat introvert memiliki kekuatan yang mengantarkan mereka pada sesuatu yang hebat. Lalu, Cain pun merilis buku lanjutan mengenai daya tarik positif sifat introvert dalam karya bertajuk Quiet Power: The Secret Strengths of Introverts, yang ditujukan sebagai panduan untuk anak-anak dan remaja. Ini dia hal yang harus dilakukan orang introvert agar bisa jadi orang sukses menurut Susan Cain berdasarkan hasil wawancara dengan Today's Parent.

 

Baca juga: Cari Tahu Tingkat Introvert Kamu Di Sini!

 

Introvert bukan berarti pemalu

“Sifat pemalu berkaitan dengan ketakutan dalam lingkungan sosial, merasa tidak percaya diri. Sementara itu, sifat introvert adalah sifat yang menyukai ketenangan dan selektif dalam memilih lingkungan sosial. Keduanya sangat berbeda. Dalam bukuku, aku berhadapan dengan orang-orang pemalu dan introvert. Mereka memiliki konstelasi tantangan di dunia yang mengajarkan kita untuk lebih terbuka (ekstrovert),” jelasnya.

 

Meski begitu, bukan berarti orang introvert enggak bisa sukses di duni yang sekarang lebih menuntu orang-orang untuk menjadi ekstrovert, khususnya lewat social media. Orang introvert bisa tetap berbagi tentang dirinya dengan dunia tapi enggak harus mengusik hal-hal pribadi yang bikin dia enggak nyaman. Kalau memang kiat introvert, kita berhak kok lebih memilih nyaman dengan diri sendiri, enggak usah memaksakan diri jadi pribadi yang terbuka. Tapi, jangan menjadi makin tertutup apalagi jadi anti bersosialisasi. Sejak sekarang biasakan untuk mau melakukan sedikit usaha untuk bersosialisasi dengan orang baru dan enggak mesti jadi dekat atau dalam banget kok hubungannya. Cukup dipermukaan tapi menciptakan kondisi hubungan yang baik.

 

Baca juga: 10 Mitos Tentang Kepribadian Introvert yang Enggak Benar

 

Tags : aktor korea

author :

Aisha Ria Ginanti

Reporter di KaWanku sejak tahun 2012.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN