3 Bahaya Besar Terlalu Banyak Duduk, Termasuk Masalah Berat Badan

Published by : Aisha Ria Ginanti Posted on : Minggu, 29 Mei 2016

Sumber: dramabeans.com

Berapa jam waktu yang kita habiskan dalam sehari untuk duduk? Saat belajar di sekolah, belajar di tempat les, nongkrong bareng teman-teman, nonton TV di rumah, main laptop atau hape di rumah? Yang pasti banyak banget ya. Meski duduk adalah posisi paling nyaman buat melakukan banyak aktivitas, sebenarnya terlalu banyak duduk bisa membawa dampak negatif yang enggak ringan bagi kesehatan kita.

 

Bahkan meski kita sudah rajin olahgara setiap hari tapi sisa waktu yang selain olahraga selalu kita habiskan dengan duduk, dampakanya akan lebih berbahaya bagi kesehatan alias jadi percuma olaharganya. Ini dia 3 bahaya besar terlalu banyak duduk, termasuk masalah berat badan, menurut dr. Sophia Hage, sepesialis kedokteran olahraga dari klinik LightHouse Jakarta.

 

Baca juga: 24 Cara Diet Tanpa Menyiksa

 


Penumpukan lemak

Sophia menjelaskan, bila kita kebanyakan duduk maka penggunaan otot-otot besar di tubuh akan menurun. Akibatnya kebutuhan tubuh akan gula dan lemak menurun. "Tubuh mengira kita tidak perlu energi," katanya. Padahal asupan kalori yang masuk ke tubuh kita enggak berkurang, alhasil hal ini membuat ternjadinya penumpukan lemak dalam tubuh kita.
 

 

Baca juga: 4 Gerakan Yoga Sederhana Di Pagi Hari


 

author :

Aisha Ria Ginanti

Reporter di KaWanku sejak tahun 2012.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN