3 Aplikasi Penyimpanan Data Praktis!

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Sabtu, 23 November 2013

3 Aplikasi Penyimpanan Data Praktis!

Lewat aplikasi penyimpanan data di internet, sekarang kita bisa menyimpan dan mengakses data di manapun kita berada.

 

Selain hard-disk dan flash-disk, menyimpan data juga bisa kita lakukan secara online, biasa juga disebut sebagai cloud storage. Metode penyimpanan ini punya beberapa keuntungan, salah satunya adalah kita enggak perlu takut data kita terhapus atau hilang karena komputer kita terserang virus. Kita juga bebas mengakses dan berbagi data di mana saja selama ada koneksi internet. Berikut ini adalah beberapa website yang bisa kita gunakan untuk menyimpan data.

 

DropBox

DropBox merupakan salah satu aplikasi penyimpanan data yang bisa kita akses melalui internet. Fungsinya bukan cuma untuk menyimpan data, tapi juga mengakses dan berbagi data ke teman-teman kita. Memori yang disediakan juga cukup besar, yaitu 2 GB (kalau mau lebih, ada juga akun berbayar), diperkirakan bisa menampung sampai 500 lagu dengan format MP3. Cool! Untuk membuat akun DropBox juga enggak sulit kok, girls.

 

Kita tinggal masuk ke website DropBox di www.dropbox.com lalu daftarkan akun kita, kita pun bisa langsung men-download aplikasi DropBox ke komputer kita secara gratis. Setelah itu, aktifkan akun DropBox kita di komputer dan kita pun bisa menyimpan data berupa foto, dokumen, lagu sampai video di sini. Kita juga bisa berbagi file dengan beberapa teman yang juga punya akun DropBox tanpa harus meng-copy-paste link. Karena kita cukup meng-invite mereka, secara otomatis file kita bisa terlihat di DropBox mereka.

 

Sedangkan kalau kita pengin berbagi sama teman-teman lain yang enggak punya akun di DropBox, kita hanya tinggal mengcopy-paste link dokumen dan mengirimnya ke teman kita. Mudah, kan? Oh iya, aplikasi DropBox ini juga bisa dijalankan di smartphone kita, girls.

 

Google Drive

Aplikasi Google Drive ini mulai diluncurkan pada April 2012. Kita bisa menyimpan data hingga 5 GB secara gratis, selebihnya bisa dikenakan biaya tambahan. Kalau kita pengin menyimpan data lewat Google Drive, langkah pertamanya adalah membuat akun di Gmail. Setelah itu kita tinggal login ke email baru kita dan klik Drive di bagian atas, secara otomatis Google akan menginstall Google Drive untuk kita.

 

Setelah itu, buat nama folder untuk menyimpan data, kita pun bisa langsung men-drag file MP3 ke folder penyimpanan tersebut. Secara otomatis, file kita sudah tersimpan di folder Google Drive milik kita. Gampang banget, kan? Sedangkan untuk berbagi file tersebut ke teman-teman, kita tinggal mengklik file lalu klik share dan pilih kepada siapa kita akan berbagi file tersebut.

 

Skydrive

Dengan tampilan menyerupai Windows Explorer, SkyDrive memudahkan penggunanya untuk menyimpan dan berbagi file yang ada. Karena kita tinggal drag and drop file mana yang akan kita simpan. Selain itu SkyDrive juga dilengkapi dengan aplikasi MicrosoftOffice web application, sehingga memungkinkan kita untuk membuat dan mengedit dokumen (Word, Power Point, Excell dan One Note) secara online di web.

 

Untuk bisa mengakses SkyDrive kita harus memiliki akun Microsoft di salah satu medianya seperti Hotmail, Messenger, SkyDrive,Windows Phone, Xbox LIVE atau Outlook.com atau bisa langsung buat akun juga di www.skydrive.com. Setelah itu secara otomatis kita bisa langsung terhubung dengan SkyDrive. Media penyimpanan satu ini bisa mengakomodasi data kita sebanyak 7 GB untuk akun gratis.

 

(ika/marti, foto: fanpop.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN