3 Alasan Kenapa Kita Harus Mengganti Bra Setiap 6 Bulan Sekali

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Selasa, 26 Januari 2016

3 Alasan Kenapa Kita Harus Mengganti Bra Setiap 6 Bulan Sekali

Kapan terakhir kali kamu membeli bra, girls? Jangan-jangan tiga tahun yang lalu? Para ahli punya beberapa pendapat soal berapa lama bra kita masih layak pakai. Mulai dari 6 bulan sampai satu tahun. Dan ini dia 3 alasan kenapa kita harus mengganti bra setiap 6 bulan sekali.

(foto: polyvore.com)

 

(Baca juga: 5 Jenis Bra Yang Wajib Remaja Cewek Punya)

 

Terkena panas tubuh

Situs brastraps.com menyarankan kita untuk membeli bra setiap enam bulan. Karena mayoritas bra terbuat dari bahan Lycra yang akan melembek kalau terkena panas tubuh. Kita bisa mengatur hook di belakang kalau bra mulai longgar, tapi ini hanya sementara. Usahakan enggak memakai bra yang sama dua hari berturut-turut karena ini akan semakin cepat membuat bahan Lycra melembek. Bahan ini butuh waktu 24 jam untuk jadi keras dan elastis lagi setelah terkena panas tubuh.

 

Salah cuci

Idealnya, bra enggak masuk mesin cuci. Lebih disarankan untuk mencucinya dengan tangan. Kalau terpaksa pakai mesin cuci, pastikan bra dimasukkan ke  lingerie bag dan dicuci dengan putaran mesin yang pelan. Tapi jangan pernah memasukkan bra ke dalam dryer. Ini akan membuat bra kehilangan elastisitasnya dan cepat rusak. Karena kemungkinan salah cuci ini juga, kita harus mengganti bra setiap 6 bulan sekali.

 

(Baca juga: 5 Tips Pertolongan Pertama Untuk Bra Sebelum Bisa Beli yang Baru)

 

Enggak menyangga dengan maksimal

Bobbie Smith, bra fitting specialist dari Freshpair bilang kalau bra hanya bertahan selama delapan bulan. Ini pun jika dipakai, dicuci, dan disimpan dengan hati-hati. "Setelah delapan bulan, bahan karetnya sudah melar jadi enggak bisa menyangga dengan maksimal lagi," ujarnya, seperti dirilis di huffingtonpost.com.

 

Mungkin ini terdengar boros, tetapi pendapat ini juga didukung oleh editor mode majalah Glamour, Suze Yalof Schwarts. Pada sesi video di acara The Today Show, mengatakan bahwa bra wajib diganti setiap sembilan bulan. Alasannya, jika lebih dari sembilan bulan, maka fungsi bra enggak lagi optimal. Elastisitas bra berkurang dan sudah tidak dalam kondisi layak pakai.

 

Dengan pemakaian dan perawatan yang benar, bra kita bisa bertahan lebih dari enam bulan. Tapi maksimalnya memang hanya satu tahun, girls. Setelah itu kita harus mengganti bra dengan yang baru. Supaya enggak mengalami gangguan kesehatan gara-gara bra yang udah enggak layak pakai. 

 

(Baca juga: Memilih Bra Berdasarkan Bentuk Payudara)

 

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN