12 Tipe Teman yang Enggak Baik Untuk Hidup Kita

Published by : Uswatun Khasanah Posted on : Selasa, 1 November 2016

Yuk, Bicarakan Masalah dengan Teman Kita Secara Baik Baik

Meskipun kita disarankan untuk berteman dengan siapa saja, tapi diantaranya ada orang yang memang lebih baik dijauhi, girls. Bukan karena mereka enggak asyik atau enggak punya banyak teman, tapi karena mereka enggak membuat kita menjadi orang yang lebih baik, tapi malah menjerumuskan dan merugikan kita. Menurut sosiologis, Jan Yager, Ph. D., berteman dengan teman yang enggak baik bisa membuang buang waktu dan tenaga kita, merusak harga diri kita atau membahayakan kita.” Menurutnya, ini adalah 12 tipe teman yang enggak baik untuk hidup kita.

 

1. Mereka Yang Suka Mencari Kesalahan

Mereka selalu kritis terhadap semua hal yang kita katakan atau lakukan, dan sikap tersebut bisa menular. Seandainya ada teman yang seperti ini tapi sebenarnya punya banyak kebaikan lain yang dimilikinya, abaikan saja komentar komentar kritisnya, atau kamu bisa bilang ke dia dengan bercanda, “coba kita lihat apakah kamu bisa bertahan selama satu jam tanpa mengatakan suatu hal yang negatif.” Namun, kalau kita enggak bisa menahan diri lagi atau harga diri kita sudah terlalu disakiti oleh komentar negatifnya, kita bisa bicara lebih serius sama mereka kalau kita enggak suka sikap mereka yang seperti itu. Semoga mereka bisa mengubah hal itu, tapi kalau memang enggak bisa, lebih baik mundur perlahan dari pertemanan kalian.

 

2. Mereka Yang Suka Berlebihan Menasihati

Kadang, enggak baik memberikan saran dengan terlalu berlebihan, terutama kepada teman teman kita. Kalau ada teman kita yang bersikap seperti itu, tapi masih banyak hal lain dari mereka yang berpengaruh baik untuk kita, bicarakan ke mereka kalau kita akan menghargai jika mereka memberi saran hanya saat kita memintanya. Atau kita cukup berterima kasih tanpa membahas saran yang mereka berikan. Kalau kita sudah benar benar lelah mendengar mereka, coba gantian kita yang menganalisa dan menasihati mereka secara berlebihan dengan sengaja, mungkin mereka akan mengerti kalau hal yang mereka lakukan itu menyebalkan.

 

3. Mereka Yang Suka Membicarakan Diri Sendiri

Ada saatnya semua orang suka membicarakan tentang dirinya sendiri, tapi kalau ada teman kita yang enggak bisa berhenti membicarakan tentang diri mereka sendiri dan enggak pernah memberikan kita saat untuk berbagi cerita kita kepada dia, kita perlu melakukan sesuatu. Mereka mungkin enggak sadar kalau mereka melakukan hal tersebut, jika memang keadaannya seperti itu, kita perlu untuk membicarakan hal ini dengannya.

 

4. Mereka Yang Suka Meniru

Meskipun kita suka memiliki barang kembar dengan teman teman kita, tapi kalau terus terusan ditiru tentang segala hal, kadang bisa membuat kita kesal. Kalau kita memang masih ingin berteman dengannya, coba simpan beberapa hal untuk diri sendiri supaya enggak ketauan orang dan enggak ditiru, tapi kalau sikap sikap mereka sudah bikin kamu enggak tahan, boleh kok kita jadi enggak terlalu dekat lagi dengannya

 

5. Mereka Yang Suka Membatalkan Janji

Kalau kamu capek terus terusan dikasih harapan palsu saat janjian dengan teman yang suka membatalkan janji, dan masih ingin tetap temanan sama mereka, lebih baik kita biasakan untuk enggak terlalu mengharapkan mereka untuk tepat waktu atau enggak membatalkan janji secara tiba tiba, girls. Kita juga perlu mengingatkan mereka saat mereka telat atau membatalkan janji dengan kita secara mendadak, misalnya dengan “tau enggak lo udah dua kali batalin janji tiba tiba lho minggu ini.” Namun kalau memang kita sudah benar benar dibuat letih sama sikap mereka dan enggak tahan diperlakukan seperti itu bahkan setelah kamu meminta mereka untuk enggak telat dan membatalkan janji, mungkin sudah saatnya enggak terlalu dekat lagi sama mereka.

author :

Uswatun Khasanah

Freelance Writer for Kawankumagz

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN