11 Fakta Keren Soal Otak Manusia

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 13 April 2014

11 Fakta Keren Soal Otak Manusia

Sebagai organ untuk berpikir dan mengatur semua aktivitas dalam tubuh, otak manusia menyimpan banyak fakta seru yang enggak terduga.

 

1.    Saat dalam kondisi bangun, otak kita bisa menghasilkan energi listrik antara 20 -12 watt. Cukup banget buat menyalakan sebuah lampu bohlam.

 

2.    75% otak manusia terdiri dari air dan memiliki tekstur seperti jeli atau tahu. Ini berarti, otak kita bisa langsung hancur hanya dengan diremas.

 

3.    Jangan menyalahkan otak saat kita merasa sakit kepala. Soalnya, meski jadi komando pusat syarat, otak adalah satu-satunya organ yang enggak memiliki syaraf penerima rasa sakit. Intinya otak kita enggak akan merasakan apa pun ketika terluka.

 

4.    Manusia rata-rata memiliki 70.000 pikiran setiap harinya. Setiap kali berpikir atau mengingat sesuatu, akan terbentuk sebuah jaringan baru dalam otak.

 

5.    Jika dibentangkan, pembuluh darah di otak kita bisa mencapai 100 ribu km. Ini cukup buat mengelilingi bumi sebanyak empat kali.

 

6.    Ukuran otak enggak berpengaruh pada tingkat kecerdasannya. Jadi otak yang berukuran besar bukan berarti lebih cerdas atau pintar, dan sebaliknya.

 

7.    Siapa bilang jatuh cinta itu urusan hati? Secara ilmiah, ternyata rasa suka atau jatuh cinta itu justru terjadi karena hormon oksitosin memicu nuansa cinta dalam otak sehingga seseorang jatuh cinta.

 

8.    Kita tertawa bukan cuma karena ada hal yang lucu. Faktanya untuk bisa tertawa, harus ada lima area dalam otak yang bekerja secara bersamaan.

 

9.    Kita engak bisa menggelitiki diri sendiri soalnya otak kita bisa membedakan sentuhan asing yang terjadi secara tiba-tiba dengan sentuhan diri kita sendiri. Otak kita sudah hafal dengan sentuhan diri kita sendiri sehingga kita enggak akan merasa geli.

 

10. Hanya karena kita enggak ingat tadi malam kita mimpi apa, bukan berarti kita memang enggak mimpi, lho. Hanya saja otak kita memilih buat enggak menyimpan ingatan atau memori tentang mimpi itu. Ini biasanya terjadi karena kita tidur dengan pulas. Umumnya manusia mengalami mimpi 1 - 2 jam setiap malam yang terdiri dari 4 - 7 mimpi.

 

11. Bila kekurangan oksigen, sel-sel otak yang bertanggung jawab buat mengidentifikasi wujud visual dan wajah akan terganggu. Hasilnya, kita akan berilusi aneh seperti melihat cahaya yang memancar dari tubuh orang lain, melihat ada kembaran diri kita sendiri bahkan makhluk yang menakutkan.

 

(aisha, foto: online.wsj.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN