10 Tips Belanja Ramah Lingkungan (Bagian 2)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 22 Juni 2014

10 Tips Belanja Ramah Lingkungan (Bagian 2)

Kita tetap bisa memuaskan hobi belanja tapi tetap ramah lingkungan, lho. Coba lakukan hal-hal di bawah ini.

 

Baca bagian sebelumnya dengan klik di sini.

 

Modifikasi isi lemari

Ketika kita niat belanja baju, tas, sepatu atau aksesoris, cek dulu isi lemari kita. Coba lihat-lihat  baju-baju lama kita. Apakah benar-benar enggak bisa dipakai atau hanya perlu diperbaiki sedikit dan kita enggak perlu  beli barang baru.

 

(Baca juga: Kesalahan Ketika Belanja Online)

 

Misalnya, celana jeans yang bolong, bisa dikita modifikasi jadi celana pendek, atau celana model patch. Begitu juga dengan  blus. Apa hanya kancing atau resletingnya yang udah jelek? Ini kan bisa diperbaiki tanpa perlu beli yang baru.

 

Beli ukuran besar

Sabun cair, susu pembersih, shampo, lotion sebaiknya kita beli dalam ukuran paling besar. Ini lebih ramah lingkungan dari pada kita beli dalam satu ukuran kecil yang cepat habis. Kalau ingin membawanya dalam tas kita bisa menggunakan botol travelling yang sering dijual di tokoh kosmetik. Atau beli satu botol ukuran kecil dan ketika habis isi ulang dari botol ukuran besar yang kita miliki di rumah.

 

(Baca juga: 9 Trik Biar Enggak Boros Lagi)

 

Hindari delivery order

Sebaiknya jangan terlalu sering delevery order. Karena saat mengantarkan makanan yang kita pesan, mereka banyak menggunakan stereofoam  dan plastik.

 

Pilih kemasannya

Ketika menemani Mama belanja di supermarket, kita bisa membantu beliau memilih barang-barang yang kemasannya ramah lingkungan. Misalnya membeli saus, sambal, kecap atau selai, sebaiknya pilih yang dalam kemasan gelas dari pada kemasan plastik. Kemasan gelas bisa digunakan berkali-kali dan lebih banyak manfaatnya saat didaur ulang.

 

(Baca juga: Gaya Belanja Para Seleb)

 

Merk yang sama

Pernah memperhatikan peralatan mandi dan perawatan tubuh anggota  keluarga ? Apakah  sabun, shampo, sabun muka, lotion,  odol kita sama dengan milik orang tua atau adik dan kakak kita? Kalau enggak, mungkin ini saatnya kita menggunakan merk yang sama dalam satu rumah.

 

Ya paling enggak sabun, odol dan shampo yang sama deh. Dengan menggunakanmerk yang sama, kita bisa membeli dalam ukuran besar. Ini juga akan mengurangi jumlah sampah rumah tangga.

 

(Baca juga: Tips Berburu Barang Vintage ala Fashion Blogger)

 

(muti, foto: .zimbio.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN