10 Tips Belanja Ramah Lingkungan (Bagian 1)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 22 Juni 2014

10 Tips Belanja Ramah Lingkungan (Bagian 1)

Kita tetap bisa memuaskan hobi belanja tapi tetap ramah lingkungan, lho. Coba lakukan hal-hal di bawah ini.

 

Bawa tas besar

Salah satu hal sederhana sekaligus ramah lingkungan adalah membawa tas sendiri. Ketika kita niat belanja, gunakan tas yang besar seperti tote bag, tas ransel sehingga barang yang kita beli bisa masuk ke dalam tas. Apalagi kalau kita barang berukuran kecil seperti aksesoris, alat tulis atau pernik-pernik lucu lainnya, tolak saja kantong plastiknya.

 

(Baca juga:DIY Market Bag)

 

Satu kantong plastik

Ketika kita belanja di satu departement store dan membeli barang barang dibeberapa konter atau lantai berbeda, sebaiknya saat bayar digabungkan dalam satu kasir saja agar kita enggak menerima dua atau tiga kantong plastik ukuran kecil.  

 

Semuanya cukup dalam satu kantong besar. Ini lebih menghemat dari pada setiap bayar di satu kasir kita akan diberi satu plastik ukuran keci. Kebayangkan kan kalau beli tiga atau empat barang, betapa banyak kantong plastik yang terbuang?

 

(Baca juga: Kenapa Tidak Boleh Belanja dalam Keadaan Lapar)

 

Bungkus seperlunya

Kadang ada toko yang hobi banget membungkus  secara berlebihan. Misalnya kita beli blus. Dia akan membungkus dengan plastik tipis lalu plastik itu dimasukan lagi dalam kantong plastik. Atau ada yang sering mendobel kantong plastik dengan alasan takut robek.

 

Ketika kita membayar barang,  perhatikan cara petugas membungkus barang. Bilang aja, cukup sekali bungkus. Kalau barang kita kecil dan bukan pecah belah, malah enggak perlu dibungkus. Cukup dimasukkan dalam tas. Daripada dimasukan ke dalam kantong plastik, kita bisa meminta petugas toko untuk membungkus barang kita dengan kertas.

 

(Baca juga:Tips Pintar Belanja Online)

 

Barang second

Enggak perlu gengsi dengan baju, sepatu, tas  second. Selain harganya murah, menggunakan barang seperti ini akan mengurangi sampah, lho. Coba deh hunting pasar-pasar yang menjual barang second seperti Metro Pasar Baru - Jakarta dan  Gede Bage- Bandung.

 

Model all season

Barang-barang fashion terutama baju,  ada masa trendnya. Ini memang membuat kita jadi enggak ketinggalan mode tapi  sebenarnya barang seperti ini enggak ramah lingkungan. Kita akan jarang memakainya dan mudah bosan, lalu akan buang. Jadi sebaiknya pilihlah baju yang simple, klasik dan tahan segala musim trend.

 

Lanjut baca dengan klik di sini.

 

(Baca juga: Tips Belanja Baju Bekas)

 

(muti, foto: celebmafia.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN