10 Syarat Sistem Kebut Semalam

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 10 April 2013

10 Syarat Sistem Kebut Semalam

Istilah sistem kebut semalam atau SKS adalah cara belajar yang dilakukan semalam sebelum ujian atau ulangan. Ada kalanya keadaan memaksa kita buat melakukan cara belajar yang satu ini. Biar usaha kita enggak sia-sia, perhatikan syarat-syaratnya yah.

 

Lupa

Hal yang satu ini memang bikin repot kalau sudah terjadi. Biar enggak terulang lagi, coba bilang ke teman dekat kita buat mengingatkan kita kalau ada ulangan. Bikin pengingat di kalender hape kamu juga bisa jadi pilihan, lho. Lakukan apapun biar kamu enggak lupa lagi deh.

 

Ulangan mendadak

Setiap siswa pasti pernah mengalami hal yang satu ini. Kadang ada guru yang ngasih tau ulangan sehari sebelumnya atau bahkan di hari itu juga. Mau enggak mau kita harus belajar dalam waktu semalam. Buat mengantisipasi hal ini, kita harus mengenali karakter guru dan belajar secara teratur.

 

Baru sembuh

Kita enggak pernah tau kapan musibah datang dalam hidup, salah satunya penyakit. Beberapa penyakit memerlukan bed rest dan waktu yang cukup lama. Misalnya, tifus, demam berdarah, atau pun cacar air. Otomatis kita bakal ketinggalan pelajaran dan harus mengejarnya. Kalau kondisi sudah fit, ada baiknya kita belajar memakai sistem kebut semalam ini. Siapa tahu usaha kita membuahkan hasil. Tapi, kalau badan kamu belum begitu fit sebaiknya minta ujian susulan saja.

 

Kegiatan benar-benar padat

Ada saatnya kegiatan kita sibuk banget dan bikin capek. Misalnya, kita lagi sibuk persiapan lomba paduan suara dan setiap hari latihan sampai sore. Malamnya masih banyak PR yang harus dikerjakan. Waktu ada ulangan keesokan harinya, pastikan kita belajar semaksimal mungkin. 

 

Materinya sedikit

Bukan berarti menyepelekan ya, kalau memang ada ulangan yang materinya sedikit dan mudah dipahami, kamu bisa belajar pakai SKS.

 

Mata pelajaran terakhir

Di samping alasan-alasan tadi, waktu belajar kita yang cuma semalam bisa lebih panjang lagi kalau ulangannya mata pelajaran terakhir.

 

Kuat begadang

Kalau kamu enggak kuat buat begadang, jangan pernah berniat buat SKS. Apalagi kalau kamu enggak bisa bangun pagi setelah itu.

 

Bisa cepat mengerti

Beberapa orang diberi kelebihan buat gampang mencerna informasi. Kalau kamu termasuk tipe orang ini, SKS bisa jadi pilihan terakhir kamu buat belajar. Belajar banyak materi dalam satu malam enggak gampang, lho.

 

Catatan lengkap

Mau belajar dalam satu malam tapi catatan enggak lengkap? Hal itu enggak bakal menghasilkan apa-apa. Pastikan bahan-bahan buat ulangan lengkap, termasuk buku paket dan catatan kamu.

 

Badan sehat

Kalau kamu lagi sakit, mendingan jangan memaksakan diri buat SKS. Hal ini bakal memperburuk kondisi kesehatan kamu. Lebih baik ikutan ujian susulan ketimbang ikut ujian tapi kondisi drop dan otak belum terisi.

 

Meskipun ada beberapa alasan buat melakukan SKS, jangan jadikan ini kebiasaan.Belajar dari jauh-jauh hari sambil dicicil bakalan lebih masuk ke otak kita. Jangan cuma menghafal, tapi pahami materinya, girls.

 

(lana, foto: fanpop.com)

 

Tags : life belajar sks tips

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN