10 Metode Belajar Yang Ampuh Bikin Nilai Bagus

Published by : Natasha Erika Posted on : Jumat, 6 Maret 2015

10 Metode Belajar Yang Ampuh Bikin Nilai Bagus

Supaya makin mantap mengerjakan ujian, ada beberapa metode belajar yang bisa kita coba agar dapat nilai yang cemerlang. Coba intip 10 metode belajar ini yang ampuh bikin nilai bagus!

 

Baca juga: 5 Kebiasaan Belajar yang Bikin Nilai Ulangan Jelek

 

1. Membuat ringkasan

Setelah membaca materi bab suatu buku pelajaran, kita bisa menuliskan kembali konsep penting dari materi tersebut menjadi tulisan singkat.


2. Mengingat kata kunci

Gunakan kata kunci untuk mengingat hal-hal penting tentang pelajaran yang bakal diujikan. Kata kunci itu biasanya berupa istilah atau frasa penting yang bisa membantu kita langsung mengingat penjelasan lebih jelas dari materi tersebut.

 

3. Menjelaskan untuk diri sendiri

Buat kita yang senang belajar sambil mendengar dan berbicara, coba pakai metode satu ini yaitu menjelaskan untuk diri kita sendiri. Kalau sambil menjelaskan dengan suara, dijamin materi bakal lebih masuk dan melekat di otak.

 

4. Memberi tanda pada buku

Yap! Cara lama dari jaman orangtua kita sekolah sampai sekarang, memberikan tanda pada buku materi itu selalu membantu belajar kita.

 

5. Membuat mind mapping

Bahan ujian banyak banget? Coba kita petakan melalui gambar sederhana yang bisa membuat kita tahu konsep-konsep yang mesti dipahami.

 

6. Membaca ulang

Membaca ulang catatan atau buku kita bisa membantu agar kita lebih mudah memahami materi.

 

7. Menjelaskan lebih dalam

Hindari terpaku dengan catatan atau penjelasan yang sudah ada. Nah, kita bisa coba mengembangkan beberapa poin menjadi lebih dalam.

 

8. Latihan soal

Mencari latihan soal yang ada di luar sekolah atau mungkin soal bekas kakak kelas kita. Setelah belajar secara materi, kita bisa mematiskan pengetahuan yang kita dapat dengan latihan soal terlebih dulu.

 

9. Bikin jadwal belajar

Kalau pengin dapat nilai bagus, kita enggak bisa belajar hanya sehari sebelum ujian. Seenggaknya kita harus dua kali menyiapkan waktu untuk belajar supaya lebih mantap memahami materi.

 

10. Belajar bareng teman

Eits... Bukan dengan otak kosong belum belajar sama sekali, kita harus sudah belajar terlebih dahulu. Baru, setelah itu, kita bisa saling bertukar pikiran dengan teman-teman. Siapa tahu dapat pengetahuan dan penjelasan baru dari teman.

 

Baca juga: Sehari Belajar Bahasa Korea!

 

(foto: tumblr.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN