10 Macam Phobia

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 30 April 2013

10 Macam Phobia

Fobia atau rasa takut berlebih biasanya disebabkan oleh ruang gelap, hewan atau hal lain yang menakutkan. Eits, tapi ada, lho, fobia yang aneh bahkan agak lucu karena penyebabnya adalah hal-hal yang enggak biasa ditakuti.

 

Arachibutyrophobia: takut pada selai kacang

Pernah enggak makan selai kacang dan karena lengket akhirnya nempel di langit-langit mulut kita? Nah, orang-orang penderita arachibutyrophobiaa benar-benar takut hal itu terjadi. Jadi mereka enggak akan pernah makan selai kacang. Bahkan yang sudah parah, merasa katakutan banget sampai merinding atau keluar keringat dingin hanya karena melihat selai kacang atau membayangkan memakan selai kacang.

 

Nomophobia: takut kehilangan kontak dengan handphone

Gimana rasanya kalau handphone kita tertinggal, enggak ada sinyal atau habis baterai, apalagi seharian? Kalau kita sampai panik berlebihan dan jadi stres berat, jangan-jangan kita mengidap yang namanya nomophobia. Yep, nomophobia adalah fobia kehilangan kontak dengan hape atau pun telepon. Fobia ini baru muncul di abad 21 pas hape sudah jadi kebutuhan primer bagi manusia.  

 

Alliumphobia: takut bawang putih

Fobia ini bisa dibilang takut berlebih pada hal-hal yang enggak berbahaya tanpa sebab yang jelas, dalam hal ini bawang putih. Si penderita bisa stres berat, panik luar biasa  bahkan sampai enggak bisa nafas dan marah besar kalau melihat bawang putih, baik dalam bentuk utuh ataupun di dalam makanan mereka. Begitu melihat bawang putih mereka akan langsung dihantui pikiran akan mati.

 

Ephebiphobia: takut pada remaja

Fobia ini biasanya muncul pada orang dewasa. Ray Oldenburg, seorang sosiolog asal Amrik menyimpulkan kalau gejala ini adalah fobia terhadap remaja yang banyak diderita orang dewasa di Amrik. Fobia ini muncul karena adanya kesenjangan umur dan biasanya si penderita jadi bersikap panik berlebihan kalau melihat remaja, bahkan jadi kasar dan benci pada mereka.

 

Spectrophobia: takut pada cermin

Penderitanya akan langsung takut, panik dan stres pada cermin dan bayangan diri mereka sendiri. Bisa disebabkan trauma menonton film horor atau mimpi buruk sehingga takut melihat hantu atau makhluk halus lainnya saat melihat cermin. Ada juga karena trauma lainnya, seperti pernah diculik, jadi selalu merasa diawasi setiap kali melihat cermin, atau pun karena rasa percaya diri yang rendah jadi enggak berani melihat bayangan sendiri. Misalnya enggak suka pada tahi lalat di wajahnya atau enggak suka pada bagian tubuh tertentu.

 

Phagophobia: takut menelan

Orang-orang yang menderita phagophobia biasanya hanya memakan makanan lunak atau cair. Mereka takut untuk menelan walaupun enggak ada gangguan atau penyakit fisik pada tubuh, khususnya organ pencernaan mereka. Kalau enggak diterapi, phagophobia ini akan berujung pada takut untuk makan dan akhirnya akan terjadi penurunan berat badan yang drastis dan enggak sehat pada si penderita.

 

Bibliophobia: takut pada buku

Kebanyakan penderita bibliphobia takut pada jenis buku tertentu kayak novel fiksi, buku sejarah atau buku dongeng anak-anak. Penderitanya jelas susah untuk membaca karena takut pada buku atau pun isinya. Saat disuruh membaca, penderita bibliphobia akan gugup, berkeringat dingin sampai menangis. Apalagi kalau disuruh membaca buku dengan suara keras.

 

Chrometophobia: takut pada uang

Fobia yang disebut juga chrematophobia, ini mungkin agak enggak masuk akal ya. Fobia ini sebenarnya kompleks karena enggak cuma takut pada sosok uang, tapi takut enggak bisa mengatur uang yang dia punya. Orang kekuarangan uang juga bisa menderita fobia ini karena terus memikirkan sedikitnya uang mereka, akibatnya uang jadi fokus utama hidupnya.

 

Euphobia: takut mendengar kabar bahagia

Fobia yang satu ini juga bisa dibilang enggak masuk akal. Kalau biasanya kita mengharapkan kabar bahagia, penderita euphobia justru takut banget mendengar kabar bahagia. Mereka takut untuk menikmati rasa bahagia untuk diri mereka sendiri atau pun berbagi kebahagiaan dengan dan dari orang lain. Biasanya karena ada trauma di masa lalu atau saat masih kecil.

 

Iachanophobia: takut pada sayur-sayuran

Yang enggak doyan makan sayur mesti mulai memberanikan diri untuk makan sayur, nih. Soalnya fobia ini banyak berawal dari rasa enggak suka pada sayuran hingga akhirnya, jangankan memakan, melihat sayuran sayuran saja jadi berasa melihat monster. Langsung panik, ketakutan sampai enggak bisa nafas dan keringat dingin.

 

(aisha, foto: theparentreport.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN