10 Keuntungan Jadi Anggota MPK dan OSIS di Sekolah (Bagian 1)

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 19 November 2015

10 Keuntungan Jadi Anggota MPK dan OSIS di Sekolah (Bagian 1)

Pasti tahu, dong, apa itu MPK dan OSIS? Majelis Perwakilan Kelas alias MPK bertugas mengevaluasi OSIS, dan menampung aspirasi teman-teman di sekolah. Kalau Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS, bertugas menjembatani murid, guru, dan menyelenggarakan berbagai kegiatan di dalam maupun luar sekolah. Kok kedengerannya capek? He-he-he. Ada 10 keuntungan jadi anggota MPK dan OSIS di sekolah, nih!

 

(Baca juga: 10 Keuntungan Ikutan Ekskul Theater di Sekolah)

 

Melatih diri membagi waktu

Saat jadi anggota MPK/OSIS, pasti kebayangnya sibuk sana-sini, mondar-mandir sana-sini, minta tanda tangan, dan lain-lain. Belum lagi tugas sekolah numpuk, ada ulangan, dan berbagai macam kesibukan. Tapi tahu enggak sih, itu semua bikin kita pintar mengatur waktu, lho. 

 

Membuka pikiran

Pandangan kita tentang lingkungan sekitar juga bakalan muncul sedikit demi sedikit. Dari yang tadinya cuma merhatiin diri sendiri, di MPK/OSIS pandangan kita tentang suatu permasalahan atau lingkungan sekitar kita akan lebih terbuka. Dan ini juga membuat kita enggak cuma melihat suatu permasalahan dari satu sudut pandang, tapi kita akan dengan sendirinya melihat permasalahan dari sudut pandang lain. Ini juga mencegah kita langsung mencap sesuatu yang salah di mata kita dengan cap salah. 

 

(Baca juga: 5 Keuntungan Kuliah di Universitas Swasta)

 

Belajar dewasa

(foto: fanpop.com)

 

Dengan dilatih manajemen dan berfikir kritis, otomatis kita tanpa sadar jadi lebih dewasa juga, lho! Tahu mana yang benar, dan mana yang salah, dan tahu bagaimana menyikapinya. 

 

Menjauhkan diri dari galau

Buat yang sering bergalau-galau ria, psst... jadi anggota MPK/OSIS bisa membantu kita meringakankan beban pikiran yang bikin kita galau , lho! Bisa lewat diskusi bareng anggota lain, ngerjain proposal misalnya, atau bikin rencana kegiatan bareng anggota-anggota lain lebih seru, daripada galau merana sendirian di kamar. 

 

(Baca juga: 4 Cara Sederhana Untuk Lebih Fokus Pada Sekolah)

 

Berkarya

Saat jadi anggota MPK/OSIS, di situ kita memutuskan keluar dari zona nyaman kita, girls. Mengatur kegiatan ini-itu yang hasilnya bakal dirasain bukan untuk diri sendiri, tapi untuk seluruh warga sekolah kita, bahkan masyarakat luar sekolah. So, waktu yang kita habiskan untuk berfikir enggak kebuang sia-sia deh, melihat senyuman dan dampak dari kegiatan yang kita selenggarakan. 

 

(Baca juga: Tips Populer di Sekolah Baru)

 

Lanjut baca dengan klik di sini.

 

(Student Journalist: Sekar/ SMAN 1 Depok)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN