10 Jenis Gangguan Tidur (Bagian 1)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 25 Mei 2014

10 Jenis Gangguan Tidur (Bagian 1)

Ada banyak hal yang bisa terjadi selama tidur. Secara sadar atau enggak, kita semua pernah mengalami beberapa masalah gangguan tidur. Ada sepuluh jenis gangguan tidur. Mau tahu apa aja?

 

Mimpi buruk

Orang dengan gangguan mimpi buruk sering terbangun dengan keringat dingin di tengah malam. Hasilnya, mereka mungkin akan takut untuk tidur kembali. Apa penyebab mimpi buruk? Menurut American Sleep Association (ASA), kurang tidur adalah pemicu utama mimpi buruk. Bimbingan konseling adalah salah satu cara untuk mengurangi gangguan mimpi buruk. 

 

Sleepwalking

Sekitar 15% orang dewasa kadang-kadang bangun dan berjalan dalam keadaan tidur. Pada anak-anak, persentasenya bahkan lebih tinggi. Sayangnya, tidak ada yang tahu apa penyebab gangguan tidur ini. Namun, beberapa ahli medis mengatakan, stres dan insomnia dapat menjadi faktor pemicu gangguan ini. Meskipun terlihat sederhana, dapat menjadi gangguan tidur yang berbahaya.

 

Kepala terasa seperti akan meledak

Ini adalah gangguan tidur yang membuat seseorang merasa kepalanya akan meledak atau pecah. Terutama ketika mereka dikejutkan oleh suara keras. Para ahli medis tidak tahu apa penybab dari sindrom aneh ini, tapi mereka tahu bahwa ini terkait dengan masalah serius.

 

Berhalusinasi saat mengantuk

Kita mungkin sering melihat hal-hal aneh dalam mimpi. Bagaimana bila kita bisa melihatnya ketika tidak sedang bermimpi? Ini disebut halusinasi hypnagogic¸ yang datang selama masa transisi dari mengantuk lalu tidur.

 

Teror malam

Enggak seperti mimpi buruk, gangguan ini membuat orang menjerit, mengalami pergumulan, panik, dan berjalan bolak-balik. Dalam beberapa kasus, teror malam sering dikombinasikan dengan kebiasaan tidur sambil berjalan.

 

Baca lima jenis lagi gangguan tidur dengan klik di sini.

 

Gangguan tidur bukanlah hal sepele yang bisa Kita abaikan. Kalau kita mengalami salah satu gangguan tersebut, segera konsultasikan dengan dokter.

 

(tatik/intisari-online.com, foto: mnn.com

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN