10 Fakta Soal Cewek, Remaja, dan HIV/AIDS (Bagian 2)

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 11 Desember 2014

10 Fakta Soal Cewek, Remaja, dan HIV/AIDS (Bagian 2)

Cewek dan remaja sering ada dalam posisi yang rentan saat berkaitan dengan HIV/AIDS.  Bekali diri dengan sebanyak mungkin informasi supaya terhindar dari risikonya.

 

(Baca juga: 10 Fakta Soal Cewek, Remaja, dan HIV/AIDS Bagian 1)

 

6. Lewat hubungan seksual

Di Asia, penularan virus HIV sebagian besar terjadi lewat hubungan seksual. Di Indonesia, Vietnam dan Pakistan HIV juga ditularkan sebagian besar lewat jarum suntik, baik yang dilakukan oleh orang itu sendiri atau yang dilakukan oleh pasangannya.

 

7. 60% remaja enggak sadar memiliki HIV

Dari data yang dikumpulkan oleh AAC (AIDS Action Committee of Massachusettes) tentang AIDS di Amerika, satu dari empat orang yang baru terkena infeksi HIV adalah remaja umur 13 tahun hingga 24 tahun. Dan ada sekitar 60% dari remaja yang terkena HIV tapi enggak sadar kalau mereka sudah terjangkit.

 

8. Tingkat pendidikan mempengaruhi

Data dari CDC (Center for Disease Control and Prevention) di Amerika menunjukkan kalau tingkat pendidikan dan asal usul ras cewek di Amrik mempengaruhi rentan atau enggaknya terkena virus HIV. Dengan komposisi, 64% wanita kulit hitam, 18% wanita kaukasian dan 15% wanita hispanik.

 

(Baca juga: Mitos-mitos Soal Penyakit Menular Seksual)

 

9. Cewek lebih rentan

Sebanyak 34 juta penduduk di dunia hidup dengan HIV/AIDS dan setengah di antaranya adalah cewek. Cewek cenderung lebih rentan karena mereka rentan secara biologis dan dari tingkat pendidikan. Kemampuan untuk mengambil keputusan dan berkuasa dalam keluarga juga membuat cewek selalu dalam posisi lemah untuk mendapat pengetahuan dan pengobatan yang layak.

 

10. Ditularkan pasangan

Di benua Afrika sekitar 2/3 cewek adalah pembawa virus HIV, yang ditularkan dari pasangannya.

 

(Baca juga: The Truths About Free Sex)

 

(muti, foto: giphy.com)

 

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN