10 Fakta Soal Cewek, Remaja, dan HIV/AIDS (Bagian 1)

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 11 Desember 2014

10 Fakta Soal Cewek, Remaja, dan HIV/AIDS (Bagian 1)

Cewek dan remaja sering ada dalam posisi yang rentan saat berkaitan dengan HIV/AIDS.  Bekali diri dengan sebanyak mungkin informasi supaya terhindar dari risikonya.

 

(Baca juga: Arti di Balik Pita Merah alias Red Ribbon)

 

1. Pentingnya edukasi untuk remaja

Menurut data yang dikeluarkan oleh PBB, memberikan pengetahuan dan edukasi soal HIV/AIDS bisa mengurangi remaja terhindar dari penyakit ini. Lewat program Global Campaign for Education, paling enggak ada sekitar 700.000 remaja selamat dari infeksi HIV setiap tahunnya.

 

2. Cewek lebih peduli

Cewek memang lebih peduli dalam mencari info dibandingkan cowok. Data dari PBB menunjukkan kalau ada sekitar 73% cewek yang melakukan perawatan HIV dibandingkan cowok yang hanya 57%.

 

3. Cewek bisa menularkan ke anak

Dibandingkan cowok, cewek perlu mendapatkan perhatian besar dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS. Soalnya cewek punya kemungkinan menularkan HIV pada anaknya pada saat hamil, melahirkan atau menyusui.

 

(Baca juga: Mitos-mitos Soal Penyakit Menular Seksual)

 

4. Remaja paling rentan

Menurut UNAIDS, cewek umur 15-24 tahun adalah kelompok yang paling rentan terkena infeksi HIV dengan angka dua kali lipat dibandingkan cowok umur yang sama. Ini terjadi terutama di negara berkembang karena 2/3 dari cewek umur 15-24 tahun sudah menikah sebelum umur 18 tahun.

 

5. 50% penderita adalah cewek

Lebih dari 50% orang di dunia yang terjangkit HIV/AIDS adalah cewek. Dan cewek dua kali lebih sering tertular virus HIV dari cowok saat berhubungan seksual, dibandingkan sebaliknya.

 

(Baca juga: 10 Fakta Soal Cewek, Remaja, dan HIV/AIDS Bagian 2)

 

(muti, foto: tumblr.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN