10 Cara Tidur Lebih Teratur

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 3 Mei 2013

10 Cara Tidur Lebih Teratur

Susah banget rasanya beranjak dari tempat tidur setiap pagi. Alarm yang berbunyi dan suara panggilan mama untuk bangun teteeep enggak ngaruh. Gimana ya caranya biar semangat bangun di pagi hari?

 

1.    Keasyikan stalking akun soc-med gebetan kadang bikin lupa waktu. Mulai sekarang alokasikan waktu kita saat bertualang di dunia maya. Misal, cek Facebook, Twitter, Path, Pinterest, dan blog maksimal dua sampai tiga jam sehari. Pasang juga reminder di hape untuk mengingatkan kita berhenti mengakses internet, ya.

 

2.    Tidur dan bangun dalam waktu yang sama setiap hari. Jadi, kalau hari ini tidur jam 10 malam dan bangun jam lima pagi, keesokan harinya terapkan jam tidur serta bangun yang sama. Lakukan secara rutin setiap hari dan biasakan tidur selama tujuh sampai sembilan jam setiap harinya.

 

3.    Ganti profil hape dengan mode silent dan jauhkan hape dari jangkauan kita. Selain agar enggak mengganggu tidur, gelombang elektromagnetik dari hape juga enggak baik untuk otak. Bisa membuat kita sakit kepala, telinga berdengung, dan sulit tidur.

 

4.    Olahraga 20 sampai 30 menit minimal tiga kali dalam seminggu. Saat berolahraga, suhu tubuh meningkat, stress pada tubuh pun berkurang. Enggak ada lagi bad mood dan tidur pun lebih nyenyak.

 

5.    Cari kegiatan yang bikin rileks sebelum tidur. Seperti, mandi air hangat, membaca, dengar musik lembut, atau pakai lotion dengan aroma favorit kita. Yang paling penting, hindari menonton film yang bikin tegang atau takut sebelum tidur, ya.

 

6.    Perhatikan kebersihan kamar. Enggak nyaman, kan, tidur dengan bantal atau seprai kotor. Jangan lupa untuk pakai baju tidur yang nyaman, kurangi cahaya di kamar atau pakai eye-mask.

 

7.    Hindari minuman berkafein. Zat diuretika yang ada di minuman berkafein merangsang kandung kemih untuk mengeluarkan banyak urine. Kita jadi sering terbangun tengah malam untuk buang air kecil.

 

8.    Agar metabolisme tubuh berjalan sempurna, berhenti makan minimal dua atau tiga jam sebelum tidur. Karena proses pengolahan makanan di saluran pencernaan bisa mengganggu kenyamanan tidur.

 

9.    Matikan perangkat elektronik seperti komputer, TV, atau radio kita. Selain hemat energi, cahaya dari alat elektronik bisa mengaktifkan korteks serebal otak (bagian otak untuk berpikir). Efeknya waktu istirahat otak kita jadi enggak maksimal.

 

10. Hindari tidur siang yang terlalu lama. Tidur siang lebih dari satu jam pada siang hari dapat membuat kita terjaga di malam hari.

 

(dea, foto: alert.psychiatricnews.org)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN