10 Cara Menghindari Jebakan Sugesti Pikiran Negatif yang Selama Ini Sering Kita Lakukan

Published by : Uswatun Khasanah Posted on : Jumat, 25 November 2016

Perlakukan Diri Sendiri Dengan Baik Yuk! | (brightside)

Kadang hidup kita terasa seperti perjuangan panjang dengan perasaan kita, kemalasan, serta godaan. Sayangnya, kemenangan enggak selalu ada di sisi kita. Namun, dengan beberapa trik psikologi, kita bisa kok meningkatkan kemungkinan menang kita melawan itu semua, girls! Hi-hi-hi, sugesti pikiran negatif memang menantang untuk dilawan, tapi bukan berarti enggak mungkin, kan? Pelajari yuk, 10 cara menghindari jebakan sugesti pikiran negatif yang selama ini sering kita lakukan!

 

1. Perlakukan diri kita dengan baik.

Perlakukan diri kita sendiri dengan baik, belajar untuk memaafkan diri kita sendiri atas kelemahan kita, rayakan kesuksesan kita dan jangan terus terusan menghukum diri kita atas kesalahan yang kita lakukan. Faktanya adalah otak kita enggak hanya menjaga kesehatan, tetapi juga mengatur mood kita. Jadi saat kita mengutuk diri sendiri atas kesalahan dan kelemahan kita, otak kita akan mencari cara untuk menghibur kita sampai putus asa! Dan cara paling mudah untuk melakukannya bisa mengubah kita menjadi sesuatu yang kita hindari.

 

2. Hindari menerima barang gratis.

mindset negatif

Kita sering melihat atau bahkan ditawari berbagai jasa gratis atau bonus saat berbelanja. Namun sebaiknya kita menolak menerima hal hal tersebut kalau ingin menghindari pemborosan dalam jangka panjang! Mungkin kita enggak sadar, tapi otak kita akan mulai merasa kalau hal hal gratis tersebut adalah semacam hutang atau rasa terima kasih yang perlu dibalas, dan kita akan merasa seperti berhutang sesuatu. Kemudian, biasanya kita malah akan membuat pembelian yang enggak direncanakan atau melihat kenaikan harga sebagai sesuatu yang wajar.

 

3. Baca buku sebanyak mungkin, tapi lakukan sedikit demi sedikit.

mindset negatif

Suka baca tapi enggak punya waktu luang yang cukup untuk membaca? Bisa banget kok kita menyicil buku buku tersebut. Sehari cukup 10 atau 12 halaman, yang penting kita terus membaca buku buku yang ingin kita baca dan tetap bisa melakukan berbagai aktifitas lainnya. He-he-he.

 

4. Belajar untuk melatih otak kita seperti melatih otot tubuh.

mindset negatif

Cobalah untuk memvisualisasikan keinginan kita, bukan leinginan tentang suatu barang yang kita inginkan, tapi kemampuan yang kita harap bisa kita miliki atau keadaan yang kita harap kana jadi kenyataan suatu hari nanti. Luangkan sedikit waktu sebelum tidur untuk mencoba latihan ini, otak kita akan bereaksi terhadap latihan visualisasi mental ini. Meregangkan otak dengan cara ini akan meningkatkan motivasi untuk meraih mimpi kita.

 

5. Jangan membuang waktu untuk mengobrol saat sedang berada di gym atau setelah selesai berolah raga.

mindset negatif

Waktu unutuk melatih tubuh kita atau tekanan yang ekstrim membuat seseorang jadi lebih banyak bicara dibandingkan saat saat normal. Dalam momen seperti itu, kita biasanya lebih mudah mengungkapkan rahasia yang selama ini kita simpan baik baik. Hal ini karena latihan fisik yang menguras tenaga akan membuat otak kita menganggap situasi tersebut seperti saa kita sedang berada dalam bahaya dan berusaha sebisa mungkin untuk membantu kita menyesuaikan. Hal ini bisa membuat kita jadi target bagi orang orang yang ingin mengetahui pikiran kita, girls! Lebih baik berhati hati yuk!

author :

Uswatun Khasanah

Freelance Writer for Kawankumagz

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN