Playground

Ubur-ubur Paling Cantik di Dunia

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 23 Mei 2013

Ubur-ubur Paling Cantik di Dunia

Hewan yang hidup di laut ini merupakan binatang laut yang termasuk dalam kelas Scyphozoa. Selain itu, ternyata ubur-ubur merupakan makhluk yang paling indah dan tidak biasa di kehidupan air. Di bawah ini ada beberapa ubur-ubur yang paling indah di lautan di dunia.

 

Ubur-ubur victoria

Dikenal sebagai ubur-ubur Kristal, penampilan spesies ini tidak berwarna dan transparan. Ubur-ubur yang bisa ditemui di pantai barat Amerika Utara ini memiliki tentakel yang mengandung nematocysts yang membantu dalam menangkap mangsa. Selain itu, protein dalam ubur-ubur ini berguna sebagai solusi penyakit Alzheimer.

 

Ubur-ubur kotak

Ubur-ubur yang dinamakan sebagai tawon laut ini merupakan yang paling berbahaya, beracun, dan bergerak lebih cepat. Karena bentuknya agak kotak, penampilan ubur-ubur ini juga terlihat seperti mutan karena adanya beberapa bola mata yang ada di perut.

 

Bathykorus bouilloni

Berada di Kutub Utara, ubur-ubur ini bari ditemukan 10 tahun yang lalu. Banyak perhatian untuk ubur-ubur ini karena kemiripannya mencolok dan mirip dengan Darth Vader. Empat tentakelnya pun beracun dan merupakan ubur-ubur yang sangat lincah.

 

Ubur-ubur kostarika

Karena penampilan anehnya, nama lain dari ubur-ubur ini adalah stauromedusae. Bentuk dari hewan ini seperti terompet, sehingga menjadi ubur-ubur yang unik karena tidak memiliki pergantian fase polip dan siklus hidupnya langsung ke bentuk dewasa.

 

Ubur-ubur topi bunga

Ubur-ubur ini adalah sepesies langka dan umumnya berukuran kecil. Ia memiliki sengatan yang sangat menyakitkan tapi tidak mematikan. Penampilannya yang mencolok ini membuat ubur-ubur ini banyak didekati ikan yang merupakan mangsanya sendiri.

 

Rhopilema esculentum

Walaupun katanya ubur-ubur ini bisa dimakan, tapi sengatannya sangat berbahaya bagi manusia. Ubur-ubur ini dibudidayakan di Jepang dan dijadikan makanan untuk diet. Selain itu, spesies ini paling berlimpah dan penting di Cina.

 

Ubur-ubur nomura

Dapat ditemukan di pantai yang berada di Jepang, ubur-ubur ini memiliki ukuran besar yang melebihi ukuran manusia. Termasuk ubur-ubur yang mematikan, spesies ini sedang mengalami peningkatan populasi.

 

(atifa, foto: tumblr.com, itsnature.org, redbubble.com, pinktentacle.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN