Playground

Tradisi Tahun Baru Yang Unik Di Beberapa Negara

Published by : Marti Posted on : Sabtu, 28 Desember 2013

Tradisi Tahun Baru Yang Unik Di Beberapa Negara

Enggak kerasa sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2014, girls. Biasanya tahun baru diisi dengan perayaan-perayaan seru. Di beberapa negara ini, mereka bahkan punya tradisi unik setiap kali menjelang pergantian tahun. Kita cari apa aja yuk tradisi itu.

 

Afrika Selatan

Di kota Johannesburg, penduduknya punya kebiasaan unik setiap akhir tahun, girls. Mereka melemparkan barang-barang lama keluar dari jendela. Alasannya sih karena pengin memulai awal tahun dengan kehidupan yang baru. Jadi, jangan heran kalau pas pergantian tahun, kita melihat barang-barang rumah tangga berserakan di sepanjang jalan. Hati-hati kena timpuk, girls, he-he-he.

 

Jepang

Beberapa penduduk Jepang punya tradisi unik menyambut tahun baru, girls. Mereka biasanya memakai kostum sesuai dengan shio yang berlaku di tahun mendatang. Menjelang 2014 ini, mereka akan memakai kostum kuda dan berkumpul di kuil. Lalu, lonceng di setiap kuil akan berdentang sebanyak 108 kali. 108 ini menggambarkan 108 jenis kelemahan yang ada di dalam setiap diri manusia.

 

Denmark

Beda lagi dengan perayaan tahun baru di Denmark. Setiap orang akan melemparkan gelas dan piring lama ke pintu rumah teman atau kerabat mereka. Begitu pergantian tahun, mereka akan berdiri di atas kursi dan melompat bareng-bareng. Katanya tradisi ini berarti mereka siap melepaskan hal-hal buruk yang terjadi di tahun lalu dan membawa keberuntungan untuk tahun mendatang.

 

Yunani

Warga Yunani membuat kue special pada pergantian tahun. Kue ini disebut Vasilopita. Kue ini dibakar dengan menambahkan koin atau benda yang dirasa membawa keberuntungan di dalamnya. Pada tengah malam tahun baru, kue ini akan disajikan kepada setiap tamu. Siapa yang mendapat potongan kue dengan koin atau benda keberuntungan di dalamnya dipercaya akan mendapat keberuntungan di tahun depan.

 

Spanyol

Suka makan anggur? Yuk, ke Spanyol aja pas pergantian tahun. Soalnya, pada tengah malam pergantian tahun, orang Spanyol akan memakan 12 buah anggur. Sebiji anggur akan dimakan setiap kali jam berdentang hingga jam berbunyi sebanyak 12 kali. Setiap anggur ini merepresentasikan keberuntungan yang akan kita dapatkan setiap bulannya di tahun mendatang. Di beberapa kota seperti Madrid dan Barcelona, penduduknya akan datang ke pusat kota untuk makan anggur ini bareng-bareng.

 

Panama

Di Panama dikenal kata muñecos atau patung berbentuk orang terkenal. Ketika tahun baru, patung-patung ini akan dibakar di api unggun. Patung ini bisa siapa saja, seperti tokoh di film atau serial televisi, tokoh politik, dan lainnya. Patung ini menggambarkan tahun yang sudah lewat, dan dengan membakar mereka berarti melepaskan evil spirit dan siap menempuh tahun baru.

 

Filipina

Benda berbentuk lingkaran merupakan simbol dari kemakmuran bagi masyarakat Filipina setiap kali menyambut tahun baru. warga Filipina umumnya memajang buah-buah berbentuk bulat di meja makan ketika malam tahun baru. Mereka juga memakan buah-buahan berbentuk bulat ini sebanyak 12 buah di tengah malam, dan umumnya mereka memakan anggur. Enggak hanya itu, mereka juga memakai pakaian bermotif polka dot yang dianggap membawa keberuntungan.

 

(iif. Foto: cordmagazine.com, travelandleisure.com, travelblog.viator.com, webshoo.com, Guyana.hoop.la)

 

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN