Playground

Tradisi Tahun Baru Di Berbagai Negara

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 12 Desember 2013

Tradisi Tahun Baru Di Berbagai Negara

Menyambut malam tahun baruan nanti, kira-kira yang asyik ngapain yah?Beberapa negara di belahan dunia sana punya tradisi-tradisi unik merayakan malam tahun baruan,lho, siapa tau bisa kita jadikan inspirasi. Yuk intip!

 

Roti tahun baru ala Yunani

Di Yunani, roti bisa jadi super star saat malam tahun baru. Orang-orang Yunani biasanya membuat roti yang diberi nama vasilopita yang khusus disajikan hanya pada saat malam tahun baru. Di dalam adonan roti vasilopita ini dimasukan sebuah koin lalu dipanggang matang. Setelah matang, roti dipotong-potong dan siapa yang mendapatkan potongan roti yang ada koinnya dipercaya bakal mendapat banyak keberuntungan di tahun baru.

 

Hias boneka jerami di Kolombia

Orang-orang di Kolombia biasanya membuat boneka jerami yang diberi baju dan aksesori tua. Boneka jerami itu melambangkan 'Año Nuevo' (the old year). Setelah itu tiap orang menulis di selembar kertas tentang kesalahan atau nasib buruk yang ingin dibuang dan tepat tengah malam, boneka dan kertas ini dibakar hingga menjadi abu. Yuhuuu, bye-bye kelakuan dan nasib buruk!

 

Menjatuhkan bola di Amerika

Kegiatan menjatuhkan bola udah lebih dari seratus tahun lho diselenggarakan di Amerika. Times Square di New York City biasa dijadikan tempat berlangsungnya acara menjatuhkan bola yang terdiri dari ratusan kepingan Kristal itu. Bola-bola dijatuhkan sejauh dua puluh tiga meter selama satu menit menandai datangnya tahun yang baru.

 

Serba bulat di Filipina

Kalau di Filipina, acara malam tahun baru biasanya didominasi sama yang bulat-bulat lho. Mulai dari bentuk makanan yang dihidangkan, motif pakaian, bentuk buah-buah yang disajikan seperti anggur, jeruk dan buah-buahan bulat lainnya sampai perabotan-perabotan yang digunakan seperti meja juga bulat.Bentuk bulat sendiri mewakili bentuk koin yang dipercayai melambangkan kemakmuran untuk tahun baru di Filipina.

 

(arin, foto: net)

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN