Playground

The Largest Fanbase Around The World

Published by : Marti Posted on : Sabtu, 9 November 2013

The Largest Fanbase Around The World

Ketika suka sama sesuatu, entah itu artis, film, serial, atau buku, kita cenderung untuk mencari dan bergabung dengan kelompok yang memiliki kesukaan sama. Akhirnya, terbentuklah fanbase. Yuk, cari tahu sepuluh fanbase terbesar di dunia saat ini.


Game Of Thrones

Sejak pertama kali diterbitkan tahun 1996, buku A Game Of Thrones, yang merupakan buku pertama dari serial A Song of Ice and Fire karangan George RR Martin langsung menyedot perhatian. Dan, sampai sekarang buku ini sudah terjual lebih dari 15 juta kopi dan diterjemahin ke lebih dari 40 bahasa. Penggemarnya yang menamakan diri mereka Brotherhood Without Banner atau Bannerman semakin bertambah sejak serial televisinya dibuat oleh HBO. Season 3 yang tayang tahun 2013 ini mampu mencapai 10,3 juta penonton tiap episode dan serial ini ditetapkan sebagai The Most Pirated Show of 2012.

 

Star Wars

Gosip akan adanya Star Wars 7 tahun 2015 nanti membuat para Warsies kembali aktif akhir-akhir ini. Sejak pertama kali muncul 35 tahun lalu, keenam film yang sudah diproduksi mampu mencapai 4,5 triliun dolar. Sekarang, sekitar 500.000 orang di seluruh dunia mengaku beragama Jedi, lho. Saat ini, hampir semua orang tahu siapa itu Darth Vader dan sering mengucapkan kalimat "May the force be with you" yang menjadi tagline Warsies.

 

Twilight

Dibanding dua fanbase di atas, serial Twilight termasuk baru, tapi jumlah penggemarnya sangat mencengangkan. Buku Twilight sendiri terjual lebih dari 100 juta kopi dan filmnya juga sukses. Bahkan, Eclipse aja mampu meraih 300 juta dolar. Tapi, yang membuat fanbase ini besar siapa lagi kalau bukan vampir ganteng Edward Cullen yang bikin cewek-cewek jatuh cinta. Plus, Robert Pattinson yang memerankan Edward juga langsung menjadi idola jutaan cewek di dunia. Begitu juga dengan Bella Swan alias Kristen Stewart yang langsung jadi idola para Twihards.

 

Harry Potter

Buku ini enggak hanya membuat JK Rowling jadi salah satu perempuan paling berpengaruh di dunia, tapi mampu menyihir semua orang, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, untuk mengikuti petualangan murid Hogwarts ini. Enggak hanya buku, filmnya pun sukses besar. Para pemerannya, Daniel Radcliffe, Emma Watson, dan Rupert Grin, langsung jadi idola setelah memerankan trio penyihir ini.  Dan, bukan hanya kita yang jadi delusional karena pengin Hogwarts itu benar-benar ada, semua potterheads di seluruh dunia juga punya keinginan yang sama, he-he-he.


Justin Bieber

Cowok satu ini memang jadi fenomena di dunia musik. Kemunculannya lewat Youtube mengantarkannya ke popularitas besar seperti sekarang. Dan tentunya membuat banyak Beliebers cewek teriak histeris setiap kali berita tentang dia muncul di media masa. Di usianya yang masih 19 tahun, Justin sudah berhasil menjual semua albumnya di atas angka 15 juta kopi, meraih 73 juta dolar untuk filmnya, dan 60 juta dolar untuk dua parfumnya. Intinya, apapun tentang Justin pasti akan selalu ditunggu-tunggu.

 

Lord of The Rings

JRR Tolkien ditetapkan sebagai Bapak Fantasi Dunia karena keahliannya menciptakan Middle Earth dan makhluk-makhluk yang ada di sana. The Lord Of The Rings sendiri disebut-sebut sebagai buku fantasi terbaik yang pernah diterbitkan. Para RIngers jadi bertambah sejak Peter Jackson mengadaptasi cerita ini ke layar lebar. Enggak hanya sukses secara finansial, film ini juga memboyong banyak piala Oscar. Dan, menjadikan New Zealand, khususnya daerah Matamata yang masih memiliki Hobbit Hole, sebagai lokasi tujuan wisata yang diincar banyak orang. Buat Ringers, tentu enggak sabar menunggu tayangnya The Hobbit 2: Desolation of Smaug, Desember ini.

 

Hunger Games

Umurnya memang masih sangat muda, yaitu baru lima tahun sejak bukunya pertama kali terbit. Tapi, siapa yang enggak kenal dengan permainan yang sangat berbahaya ini? Juga Katniss, Peeta, dan Gale. Jangan lupakan juga Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, dan Liam Hemsworth yang ambil bagian di film ini. Dan, sekarang Tributes di seluruh dunia sudah deg-degan menunggu tanggal 22 November untuk menonton Catching Fire yang diramalkan akan memecahkan rekor box office. Wow!

 

Lady Gaga

Cewek yang suka berdandan nyentrik ini memang menjadi fenomena tersendiri di dunia musik. Selain musiknya yang enak didengar, gaya dan kelakuannya yang enggak biasa membuat dia jadi sering dibicarakan. Sampai sekarang, Gaga sudah melakukan lebih dari 200 show dan dia ditetapkan sebagai highest-grossing tour by a debut headlining artist dan Monster Ball Tour disebut-sebut sebagai the fifteenth-highest-grossing tour ever. Enggak heran jika sekarang ada banyak Little Monster di seluruh dunia.

 

Doctor Who

23 November 2013 ini, Doctor Who memasuki usia yang ke-50 tahun. Serial ini masuk ke dalam Guinnes World Book of Record sebagai serial televisi dengan durasi tayang terpanjang. Sejak pertama kali tayang tahun 1963 sampai sekarang, Doctor Who sudah diperankan oleh 11 aktor berbeda yang berkesempatan menjadi The Doctor. Serial ini sudah ditayangkan di 50 negara, memenangkan 30 BAFTA dan 6 Hugo Awards, serta menjadi most downloaded series in the US on iTunes tahun 2011. Karena masih terus diproduksi, maka jumlah Whovian pasti akan bertambah banyak.

 

Directioners

Boyband jebolan X Factor UK ini menjadi pelopor kembalinya era boyband seperti yang dulu terkenal di dekade 1990-an. Suara mereka yang bagus dan wajah mereka yang ganteng membuat banyak cewek-cewek di seluruh dunia dengan bangga mengaku sebagai Directioners. Enggak hanya digila-gilai sebagai sebuah grup, masing-masing personil, yaitu Zayn, Harry, Liam, Niall, dan Louis juga punya fanbase sendiri-sendiri. Dan, apapun berita tentang mereka, pasti akan mendapat sambutan yang luar biasa. Keren.


(iif. Foto: WinterIsComing.net, collider.com, hdwallpapers.in, apremiertravelagency.com, guardiantv.com, fanpop.com, showbizz411.com, thehungergamesmovie.com, fabemagazine.com, sciencefiction.com)

 

 

Tags : fanbase

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN