Playground

Tempat Paling Seru Merayakan Imlek

Published by : Marti Posted on : Sabtu, 25 Januari 2014

Tempat Paling Seru Merayakan Imlek

Enggak terasa minggu depan sudah Imlek lagi, girls. Sama seperti perayaan tahun baru masehi, malam pergantian tahun menurut kalender China ini juga enggak kalah seru buat diikuti. Apalagi kalau dirayakan di kota-kota yang disebut sebagai the perfect place to enjoy Chinese new year. Dijamin akan tambah seru, deh.

 

Hong Kong

Hong Kong menjadi salah satu pusat keramaian paling seru di malam pegantian tahun. Enggak tanggung-tanggung, perayaan Imlek dirayakan selama 15 hari. Akan ada parade dan pertunjukan barongsai di daerah barat Tsim Sha Shui, kembang api super besar di Victoria Harbor, flash messages di dinding gedung-gedung tinggi yang ada di sini dan tentunya, warna merah di mana-mana. Warga Hong Kong sengaja menyambut Imlek dengan berbelanja pakaian baru, mengunjungi rumah keluarga, dan belanja sampai bangkrut, he-he-he.

 

London

Chinatown yang ada di London akan terlihat sangat meriah saat Imlek, terutama di area Soho yang jadi pusat wisata saat pergantian tahun ini. Selama satu minggu penuh, ada banyak keseruan yang bisa dinikmati di sini. Main event biasanya diadakan di sekitar Leicester Square dan Shaftesbury Avenue. Kita juga bisa menikmati pertunjukan barongsai dan street entertainment yang seru banget, baik dilakukan oleh warga China maupun seniman lokal. Dan sebagai penutup, ada kembang api raksasa yang sayang banget kalau dilewatkan.

 

Ho Chi Minh City

Masyarakat Vietnam juga mengenal jenis penanggalan yang sama dengan masyarakat China, yaitu lunar calendar, sehingga mereka juga menyambut pergantian tahun ini dengan penuh sukacita. Biasanya, perayaan berlangsung selama 3-5 hari tapi banyak keluarga yang masih merayakannya lewat dari lima hari. Pusat kota akan terlihat sepi di tahun baru karena banyak warga yang pulang ke kampung halaman mereka untuk bertemu keluarga besar. Tapi, tetap masih bisa seru-seruan kok. Setiap rumah akan dicat warna baru, setiap orang pakai baju baru dan belanja sepuas-puasnya.

 

San Francisco

Komunitas warga China paling kuat di Amerika terdapat di kota ini, sehingga enggak heran jika San Francisco jadi pusat perayaan Imlek di negara ini. Selama 150 tahun Chinatown ini berdiri, selalu ada keseruan setiap tahunnya. Sama seperti di Hong Kong, perayaan dilakukan selama dua minggu dengan dua event besar yang harus banget diikuti, yaitu Chinese New Year Flower Fair dan Chinatown Community Street Fair. Di event ini, akan dipilih Miss Chinatown di penutup parade lalu akan berkeliling Chinatown bersama pemain akrobat, band, seniman, dan barungsai sepanjang 200 feet yang dibawakan oleh lebih dari 100 orang.

 

Singapura

Negara tetangga kita ini punya banyak event besar untuk menyambut Imlek. Pemerintahannya sendiri menetapkan libur nasional selama dua hari pertama tahun baru. Major event yang ada merupakan parade barongsai warna warni dan kembang api. Dan, ada banyak toko yang menjual semua kebutuhan Imlek dan buka sepanjang waktu karena pesta yang berlangsung selama sehari penuh.

 

Helsinki

Ibukota Finlandia ini juga ditetapkan sebagai salah satu tempat paling seru untuk merayakan Imlek, lho. Meski tergolong baru mengadakan perayaan, yaitu sejak tahun 2008, Helsinki punya festival yang enggak kalah serunya. Berpusat di Lasipalatsi Square, ada pertunjukan barongsai, Chinese market, dan pertunjukan seni, salah satunya kung fu. Sebelum kembang api jadi penutup acara di Töölönlahti Bay, akan ada live screening detik-detik pergantian tahun dari Beijing. Wow.

 

Sydney

Selama hampir 150 tahun, perayaan tahun baru Imlek di kota ini selalu menarik untuk diikuti. Chinatown yang bernama Chinese Gardens od Friendship di daerah Darling Harbor akan didekorasi warna-warni. Enggak ketinggalan, lampion kertas yang sudah jadi ciri khas Imlek. Selain pertunjukan barongsai, sepanjang jalan dipenuhi tenda-tenda yang menjual makanan khas China. Dan, kembang api super besar yang akan jadi penutup acara.

 

Paris

Di Paris, penduduk lokal akan bekerjasama dengan warga keturunan China dalam menghias kota ini setiap kali menjelang pergantian tahun baru China. Dan, Imlek jadi salah satu perayaan paling penting setiap tahunnya di Paris. Kita bisa menikmati pertunjukan barongsai hasil kerjasama warga China dan seniman lokal. Dan, akan ada parade besar di sekitar Marais, Belleville dan 13th yang jadi festival China terbesar di Prancis.

 

Beijing

Tentu saja ibu kota China ini jadi pusat perayaan Imlek terbesar dan paling seru untuk dikunjungi. Everything is bigger, better, louder, longer, brighter, and noisier than anywehere else. Rumah-rumah akan dibersihkan, pakaian baru akan dipakai, dan akan banyak parade, akrobat, barongsai di setuap sudut kota. Anak-anak akan berkeliling kota mengumpulkan angpao sebelum menyaksikan pertunjukan kembang api. Dan ini jadi saat yang paling pas untuk berkumpul bersama keluarga bagi masyarakat China.

 

(iif. Foto: allwomenstalk.com, thirdage.com)

 

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN