Playground

Sejarah dan Transformasi Seragam Sekolah di Korea

Published by : Natasha Erika Posted on : Selasa, 28 Juli 2015

Sejarah dan Transformasi Seragam Sekolah di Korea

Kalau menonton serial atau film Korea bertemakan sekolah, pasti kita suka banget melihat fashion seragam sekolahnya, dong. Kalau kita melihat di drama, seragam sekolah Korea memang lebih beragam dan berwarna. Tapi, benar seperti itu enggak, ya? Ini dia sejarah dan transformasi seragam sekolah di Korea!

 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Seragam Sekolah Indonesia

 

 

Ewha School

Seragam sekolah di Korea mulai diberlakukan sejak 1886. Mary F. Scranton mendirikan Ewha School dan membuat pakaian untuk empat pelajar di sekolah itu. Berawal dari pakaian tersebut, sekolah ini kemudian mulai memberlakukan seragam. Awalnya, Mary membuat jeogori berwarna merah, tapi seiring perkembangan jaman, seragam sekolah mulai mendapat sentuhan modern.

 

 

Seragam jeogori

Pada akhir abad 19 dan awal abad 20, seragam sekolah di Korea identik dengan jeogori, pakaian tradisional Korea tepatnya pakaian atas dari Hanbok.

 

(foto: everyculture.com)

 

 

Modernisasi negara Barat

Nah, seiring perkembangan jaman, seragam tradisional mulai digeser dengan pakaian yang lebih modern. Ini juga dibawa pengaruh kebudayaan Barat yang masuk ke Korea. Hal signifikan paling terlihat dari perubahan seragam itu terjadi pada awal era 1920-an di mana rok seragam para siswi menjadi lebih pendek.

 

(foto: jinyoungskorea.blogspot.com)

 

 

Seragam sekolah masa kini

Ternyata, seragam sekolah di Korea enggak sama persis seperti yang kita lihat di drama Korea. Apalagi kalau seragam itu minim. Seragam sekolah di Korea masa kini justru tertutup dan sopan. Kebanyakan sekolah memberlakukan aturan para siswi memakai blazer, rok di bawah lutut, kaos kaki panjang atau tights bila diperlukan.

 

(foto: carigoeskorean.wordpress.com)

 

Baca juga: 5 Fakta Seragam Sekolah Baru Bertuliskan Aku Benci Korupsi dan Narkoba

 

(foto: everyculture.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN