Playground

Sejarah Dan Konsol Video Games Paling Tua Di Dunia

Published by : Marti Posted on : Rabu, 18 Juni 2014

Sejarah Dan Konsol Video Games Paling Tua Di Dunia

Sejarah kelahiran konsol video games di dunia membawa teknologi melaju menjadi yang terdepan. Meski usianya sudah tua, konsol ini tetap menggunakan teknologi canggih yang merintis kecanggihan dunia komputer dan gadget. Ketahui yuk sejarah dan konsol video games paling tua di dunia.

 

Pong

Ditanya konsol video games apa yang paling tua usianya? Jawabannya adalah games interaktif bernama Pong. Pong memang baru populer dan dibuat secara masa pada tahun 1972. Akan tetapi games ini sebenarnya sudah dibuat dan digunakan sejak tahun 1947. Thomas T. Goldsmith dan Estle Ray Mann menciptakan games ini secara enggak sengaja. Saat perang dunia ke-2, mereka kepengin membuat simulator misil yang dikontrol secara analog pada CRT (Cathode Ray Tube).

 

Spacewar!

Tahun 1960, Digital Equipment Corporation merilis sistem hardware komputer pertama: PDP-1 (Programmed Data Processor-1). Satu tahun kemudian, para mahasiswa MIT membuat program bernama Spacewar! Program ini merupakan orangtua dari seluruh video games komputer dan konsol. Dan bisa dimainkan dua pemain dengan mengontrol pesawat angkasa. Para pemain harus menembakkan misil kepada satu sama lain, pesawat yang pertama kali meledak kalah. Games ini juga merupakan salah satu sejarah penggunaan Internet secara primitif.

 

Galaxy Game

Galaxy Game merupakan konsol pertama yang menggunakan koin. Games ini resmi dirilis tahun 1971 dan dikembangkan dari program permainan komputer yang diciptakan para programmer era 60an sebagai hobi mereka. Permainan ini pertama kali ditaruh pada Stanford University California, Amerika Serikat. Karena sukses menyedot antusias pemain, 1.500 unit Computer Space akhirnya dibuat dan dijual secara masa. Computer Space dibuat oleh Nolan Bushnell dan Ted Dabney. Mereka juga merilis Pong pada konsol game koin mereka dan menciptakan perusahaan games raksasa yang berdiri sampai saat ini, Atari Company.

 

Home Consol

Karena era video games semakin hits, akhirnya konsol games untuk rumah dibuat. Permainan konsol games pertama adalah Pong. Alat konsol yang digunakan bernama Magnavox Odyssey, didesign oleh Ralph Bear. Sayangnya, konsol ini enggak laku dipasaran soalnya kita harus membeli TV khusus Magnavox kalau kepengin memainkannya. Perusahaan pesaingnya, Atari, akhirnya membuat konsol game serupa yang bisa dimainkan dengan TV manapun. Namanya Pong Boxes, dan bisa digunakan pada set TV baik berwarna maupun hitam putih. Perusahaan Magnavox menuntut Nolan (Atari) karena meniru permainan Tennis yang ada di Odyssey. Perusahaan ini juga menuntut perusahaan game konsol lain yang muncul dan sukses seperti Coleco, Mattel, Seeburg dan Activision.


Microvision

Microvision akhirnya merintis debut konsol video game portables yang mudah dibawa kemanapun. Konsol ini didistribusikan oleh Milton-Bradley dan sangat mudah dimainkan. Gerakannya sama seperti game konsol saat ini. Hanya saja menggunakan empat tombol untuk menggerakannya. D-Pad ini menjadi cikal bakal kontrol konsol video games seperti Gameboy.

 

 

(stefanie, foto: listverse.com, wordpress.com, blogspot.com, en.wikipedia.org, handheldmuseum.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN