Playground

Rumah Burung Paling Unik di Dunia

Published by : Marti Posted on : Sabtu, 5 April 2014

Rumah Burung Paling Unik di Dunia

Biasanya, kita melihat rumah burung seperti deretan rumah kecil terbuat dari kayu. Beberapa seniman bahkan arsitek ternyata mempunyai ide membuat rumah burung berbeda dari yang lain. Rumah burung berikut adalah beberapa rumah yang dikleim paling unik di dunia.

 

Mussolini Birdhouse

Saat pergi ke London, Inggris, sebaiknya coba tengok hasil karya seniman hebat Bruce Gilchrist. Bruce bersama sahabat senimannya Jo Joelson, membuat rumah burung dengan nilai seni tinggi. Bagunan rumah burung ini bisa menampung puluhan burung. Ada beberapa pintu besar dan pintu kecil yang bisa dimasuki burung berbagai ukuran.

 

Japanesse Apartemen

Enggak hanya manusia, burung ternyata memiliki apartemen modern juga lho. Apartemen ini sengaja dibangun di banyak lokasi kota Komoro, Jepang. Tujuannya, agar burung liar yang ada di kota tetap terjaga kelestariannya. Dan salah satu bentuk kepedulian masyarakat lokal terhadap alam. Selain tersedia 78 ruang burung, kita bisa memanjat burung dan mengintip ruang dalam tanpa diketahui mereka.

 

Trash Tree

Kota Kopenhagen dikenal sebagai kota dengan bangunan penuh warna. Panorama di kota ini sangat indah dengan udara sejuk dan keramahan warga lokal. Salah satu seniman kota bikin rumah burung invidual yang modern. Rumah burung ini dibuat dari sampah yang didaur ulang namun ramah bagi kesehatan burung dan manusia. Walau dibangun di tengah kota, banyak lho burung liar yang mampir kesini. Dan membuat turis atau warga lokal tertarik melihatnya setiap hari.

 

Baya Birdhouse

Di tengah pedesaan yang sejuk dan asri, berdiri ratusan rumah burung unik. Rumah burung ini tersebar di kota Hamburg, Jerman. Dengan design yang terinpirasi dari sarang burung di Selatan dan Tenggara Asia, Baya Weaverbirds. Selain berdiri sendiri, rumah burung ini juga tergantung dibeberapa pohon.

 

Rumah Kacang

Di wilayah Greene, kota New York, berdiri puluhan rumah burung lucu dan unik. Rumah burung ini diberi nama nut house atau rumah kacang, karena bentuknya yang menyerupai kacang almond. Designernya, Jim Schatz, membangun tiap rumah dengan tangannya sendiri. Tipe burung yang biasa mampir adalah bluebirds, chickadees, nuthatches dan titmice. Selain bersembunyi, bangunan dalam rumah membantu bayi burung keluar rumah untuk belajar terbang.

 

Kandang Wood-Turned

Designer lokal, Bob Shuping, membuat rumah burung dengan tahap pembuatan yang panjang dan rumit. Rumah burung ini dibuat dengan proses pengeringan kayu alami selama setahun. Kalau ingin menyimpan atau memindahkannya, mudah banget karena rumah ini custom built.

 

Modern Ralph Birdhouse

Hebat dalam membuat rumah modern, Ralph Rapson, melebarkan sayapnya membuat miniature rumah modern untuk burung. Rumah ini dibuat senatural mungkin menggunakan kayu jati dan atap yang dilapisi alumunium. Selain ramah lingkungan, rumah ini melindungi burung dari hujan, udara dingin dan sinar ultraviolet yang jahat untuk burung liar kota Sacramento, California.

 

(stefanie, foto: rd.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN