Playground

Prangko Termahal di Dunia

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 15 Mei 2013

Prangko Termahal di Dunia

Prangko mempunyai kegunaan gar surat yang kita tulis bisa dikirim dan sampai ke tujuan. Kalau biasanya kita membeli prangko dengan harga yang relatif murah, tidak untuk prangko berharga dibawah ini. Ketujuh prangko langka ini diburu oleh para pengoleksi prangko yang rela membeli dengan harga tinggi!

 

The Three-Skilling Yellow

Prangko berwarna kuning terbitan Swedia ini sebenarnya salah cetak karena warna aslinya adalah biru dan hijau. Three-skilling yellow adalah salah satu prangko terlangka karena tinggal satu di dunia. Tahun 1984, prangko ini dibeli oleh David Feldman. David menjualnya kembali di tahun 1996 dan dibeli dengan harga Rp21,85 milyar.

 

The First Two Mauritius

Prangko dengan gambar kepala wanita ini merupakan yang pertama kali diterbitkan oleh pemerintah kolonial inggris. Di tahun 1993 David Feldman melelang perangko Mauritius milik Hiroyuki Kanai. Yang berwarna orange terjual dengan harga Rp 10 Milyar, sedangkan yang berwarna biru tua terjual dengan harga Rp12 Milyar.

 

The Inverted Jenny

Prangko Amerika tahun 1918 yang bergambar pesawat Curtiss JN-4 tidak sengaja tercetak sevara terbalik. Namun, karena itulah prangko ini menjadi salah satu prangko salah cetak yang berharga. Pada Dember 2007, prangko the inverted jenny yang belum pernah terpakai ini dibeli oleh seorang eksekutif Wall Street seharga Rp7,8 Milyar.

 

British Guiana One Cent Black on Magenta

Walaupun dibuat dengan kertas yang berkualitas rendah dan dibuat karena kondisi darurat, tapi prangko ini menjadi salah satu prangko mahal dan langka. Saat ini, hanya tinggal satu di dunia dan dimiliki oleh John Dupont yang membeli dengan harga Rp8,8 Milyar.

 

U.S Franklin Z-Grill

Dari semua prangko yang ada di Amerika Serikat, prangko yang berwarna putih dan biru ini merupakan yang terlangka. Pada tahun 1988, prangko yang tinggal 2 buah ini peun terjual dengan harga Rp8,8 Milyar.

 

Hawaiian Missionaries

Hawaiian missionarie merupakan prangko pertama di Hawaii. Prangko yang dibuat dengan kualitas rendah ini hanya tersisa 16 buah, tapi sangat susah untuk dicari. Sebuah prangko Missionary yang sebelumnya mempunyai harga dua sen saja, dibeli seharga $760.000.

 

The Penny Black

The Penny Black adalah prangko berperekat resmi pertama di dunia yang dikeluarkan oleh pemerintah Inggris pada tahun 1840. Prangko ini bukan termasuk prangko yang langka, tapi banyak dicari. Namun, harga prangko ini tidak terlalu mahal dibandingkan prangko langka yang lainnya. Menurut katalog Scott tahun 2001, sebuah prangko Penny Black dijual seharga $3,000.

 

(atifa, foto: computerweekly.com, prweb.com, celebritynetworth.com, stampcommunity.org, worldstampsnews.com, maltimpostor.com, auctionnewsnetwork.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN