Playground

Phobia Teraneh Di Dunia

Published by : Marti Posted on : Minggu, 23 Maret 2014

Phobia Teraneh Di Dunia

Phobia adalah salah satu masalah psikologi manusia yang takut akan suatu hal. Kita bisa takut karena suatu benda, kegiatan, bentuk atau rasa. Nah, ternyata ada phobia aneh yang benar-benar ada di dunia. Percaya enggak percaya, banyak orang yang menghidap phobia ini!

 

Hippopotomonstrosesquippedaliophobia

Dari namanya yang panjang, kita enggak menduga kalau phobia ini adalah takut dengan kalimat panjang. Hippopotomonstrosesquippedaliophobia adalah phobia yang paling umum ditemukan pada anak-anak dan remaja. Mereka takut melihat kata atau kalimat yang sangat panjang. Makanya penderitanya enggan membaca buku atau menulis sms.

 

Phobophobia

Ada beberapa orang yang khawatir takut terjangkit suatu phobia. Nah, ini namanya phobophobia. Mereka identik dengan penyakit kejiwaan lain seperti kecemasan dan panic attacks. Gejala paling umum adalah pusing, jantung berdebar, nyeri, tegang, sesak nafas, pingsan dan menghindari banyak hal.

 

Didaskaleinophobia

Didaskaleinophobia adalah phobia datang ke sekolah. Penderitanya takut berlebih pada apapun yang berhubungan dengan sekolah. Umumnya penderita ini disebabkan oleh trauma psikis maupun fisik di sekolah mereka. Misal tekanan bully, paksaan belajar, tekanan prestasi dan lainnya.

 

Nomophobia

Phobia ini sangat aneh tapi benar-benar nyata. Nomophobia adalah ketakutan berlebih karena takut kehilangan HP. Survey di Inggris membuktikan, 53% pengguna HP menderita nomophobia. Mereka khawatir kalau HP hilang, baterai HP habis, enggak ada pulsa, menghapus data atau tertinggal di rumah.

 

Phobia Cewek Cantik

Phobia cewek cantik atau Caligynophobia, enggak hanya diderita oleh cowok. Banyak cewek yang ternyata juga menderita phobia ini. Biasanya penderita merasa terintimidasi saat melihat cewek cantik. Ada juga phobia takut sama cowok ganteng, namanya Androphobia.

 

 

 (stefanie, foto: feaof.net, heraldextra.com, dailyrecord.co.uk, theguardian.com, livescience.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN