Playground

Mengenali Perbedaan Dan Macam-Macam Pembalut Menstruasi

Published by : Marti Posted on : Rabu, 20 Agustus 2014

Mengenali Perbedaan Dan Macam-Macam Pembalut Menstruasi

Selama ini kita hanya tahu jenis buat pertolongan pertama pada menstruasi yaitu pembalut saja. Padahal, ada banyak jenis pembalut lain yang harus kita ketahui dan bisa kita coba pakai. Jenis-jenis pembalut ini mudah lho, ada yang aman ada juga yang kurang aman atau kurang sehat. Penasaran? Yuk kita mengenali perbedaan dan macam-macam pembalut menstruasi.

 

Tampon

Kalau kita menonton film atau serial TV Hollywood, pasti sering mendengar kata tampon. Tampon memang jadi pertolongan pertama paling favorit di luar negeri. Bentuknya seperti pulpen, yang kita masukkan ke dalam vagina kita. Dengan berbagai ukuran yang disesuaikan. Produk ini menuai pro dan kontra di beberapa negara khususnya Asia. Sosalnya,  masyarakat merasa khawatir pemakaiannya bisa berpengaruh pada keperawanan seseorang. Kalau menggunakan tampon, kita harus sering menggantinya. Soalnya pemakaian terlalu lama bisa menyebabkan penyakit ringan maupun serius pada reproduksi kita.

 

1

 

Baca juga: Fakta Unik Seputar Menstruasi

 

Reusable Menstrual Cup

Sama kayak tampon biasa, pemakaian tampon berbentuk cup juga dimasukan kedalam vagina kita. Produk ini enggak direkomendasikan buat cewek yang belum menikah, karena bisa mempengaruhi keperawanan seseorang dengan bentuknya yang melebar. Kita harus lebih sering mengecek tampon ini karena bahannya yang terbuat dari silikon dan dikhawatirkan cup terlalu penuh dengan cairan menstruasi. Cup ini jadi populer karena lebih praktis dan ekonomis. Kita bisa menggunakannya berulang-ulang dengan cara mencuci cup sampai bersih.

 

1

 

Pembalut

Ada tiga jenis pembalut yang umum dijual bebas. Berbentuk oval, dengan sayap dan khusus untuk malam hari. Penggunaan pembalut memang dibilang lebih aman karena penggunaannya diluar vagina kita. Walau terbilang aman, kita juga harus bijak saat menggunakannya ya. Penggunaan pembalut yang benar, menggantinya tiap kali pembalut terasa penuh atau setiap 3 jam sekali. Supaya enggak terjadi penyebaran bakteri atau virus jahat yang bisa mempengaruhi fungsi reproduksi kita.

 

1

 

Baca juga: 5 Hal Yang Wajib Kita Perhatikan Waktu Menstruasi

 

Reusable Panties

Pengin lebih praktis dan sehat? Kini ada pembalut yang bentuknya seperti celana dalam biasa, tapi bagian bawahnya terdiri dari lapisan yang lebih tebal. Panties ini dianggap aman karena bebas dari bahan kimia berbahaya yang terkandung di tampon atau pembalut biasa. Selain irit dan murah, karena kita hanya cukup mencucinya kembali, karena terbuat dari katun yang menyerap keringat kita bisa terhindar dari bau enggak sedap selama menstruasi.

 

1

 

Pembalut Reusable

Sama seperti pembalut berbentuk celana, ada juga pembalut yang bisa kita gunakan berkali-kali. Pembalut ini biasanya dibuat dari bahan katun, baby terry atau handuk yang aman dan nyaman dipakai saat menstruasi.

 

1

 

Baca juga: Mengenali Tanda Dan Ciri Menstruasi Pertama

 

 

(stefanie, foto: kickstarter.com, clothdiaperdivas.com, urbanearthworm.org, salon.com, slate.com, gurl.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN