Playground

Mainan Paling Berbahaya Di Dunia Yang Pernah Dijual Bebas

Published by : Marti Posted on : Kamis, 29 Mei 2014

Mainan Paling Berbahaya Di Dunia Yang Pernah Dijual Bebas

Siapa yang enggak suka beli mainan? Mainan sangat seru dimainkan oleh semua usia, termasuk remaja seperti kita. Meski menyenangkan, ada beberapa mainan yang dianggap berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian! Apa saja mainan paling berbahaya di dunia yang pernah di jual bebas?

 

Easy Baked Oven

Waktu kecil dulu, pasti suka banget kan main masak-masakan? Nah, salah satu perusahaan mainan terkenal, Hasbro, membuat miniatur oven kue. Mainan yang bernama Easy-Bake Oven menjadi mainan paling laris tahun 2006 lalu. Bahkan masuk dalam National Toy Hall of Fame. Sayangnya, setahun kemudian setelah mainan ini dirilis, seluruh peredarannya ditarik dari pasaran. Mainan ini ditarik karena dianggap berbahaya bagi anak-anak. Fakta mengungkapkan, saat memanggang suhu panas pada oven bisa mencapai 200 derajat celcius! Terjadi 250 insiden yang dilaporkan orangtua, termasuk 16 kasus luka bakar tinggat tiga. Bahkan kasus terburuk yang terjadi adalah, seorang anak kecil berusia 5 tahun tangannya harus diamputasi akibat luka bakar yang parah.


CSI Fingerprint Examination Kits

Bermain sebagai penyelidik ala detektif sangat menyenangkan bukan? Tapi bukan berarti alat yang kita gunakan aman. Semenjak serial film detektif CSI menjadi populer, perusahaan mainan ternama Toys R'Us, membuat beberapa seri mainan. Pada mainan ini, anak-anak bisa berimajenasi sebagai penyelidik atau ahli forensik. Mainan ini juga dilengkapi dengan miniatur perlengkapan yang sama saat menyelidiki sebuah kasus. Sayangnya, mainan ini sangat beracun dan bisa menyebabkan kematian. Mainan ini mengandung bahan asbes berbahaya yang dapat menyebabkan kanker. Perlengkapan penyelidik sidik jari mengandung asbes sebanyak 7%, dan jumlahnya jauh dari ambang batas wajar yang ditetapkan. Meski masih dijual bebas di pasaran, pihak pabrik mainan mengaku mengalami bangkrut akibat produksi mainan tersebut.

 

Aqua Dots

Sejak pertama kali dirilis, permainan Aqua Dots, langsung menarik perhatian banyak orang. Dari dewasa hingga anak-anak senang bermain permainan ini. Sayangnya, mainan ini enggak aman buat anak kecil. Karena biasanya anak di bawah usia 5 tahun masih suka memasukan apapun ke dalam mulut atau hidung mereka. Selain bahaya tersedak, bahan pelastik mainan ini ternyata beracun. Saat masuk ke mulut kita, racun tersebut langsung menyebar dan bisa berakibat fatal secara perlahan. Beberapa penelitian menemukan, kandungan racun pada pelastik mainan ini menyebabkan depresi, pingsan bahkan koma dan epilepsi. Lebih dari 4 juta produk mainan ini ditarik setelah enam anak harus dirawat di rumah sakit selama 5 hari akibat keracunan.

 

Gelang Snap

Pasti kita sering melihat di toko aksesori favorit ada gelang unik bernama snap bracelet. Gelang ini sangat simple dan mudah sekali dipakai. Bahan dasarnya terbuat dari besi dan dilapisi dengan pelastik atau bahan kain warna-warni dengan design keren. Sayangnya, di balik itu gelang ini ternyata memiliki resiko tinggi buat pemakainya. Beberapa anak dan remaja dikabarkan terluka akibat sayatan bahan metal saat memakainya. Sekolah di Amerika Serikat dan Eropa melarang keras penggunaan gelang ini. Bahkan, setelah melakukan investigasi, pihak keamanan menarik seluruh gelang dari pasar dunia. Termasuk gelang yang sempat menjadi tren tahun 2012 lalu dengan motif animal print.

 

 

(stefanie, foto: amazon.com, xatakaciencia.com, treehugger.com, poprewind.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN