Playground

Mainan Klasik Yang Usianya Ternyata Jauh Lebih Tua Dari Yang Dibayangkan

Published by : Marti Posted on : Rabu, 4 Juni 2014

Mainan Klasik Yang Usianya Ternyata Jauh Lebih Tua Dari Yang Dibayangkan

Senang bermain permainan klasik? Ternyata ada beberapa permainan klasik yang usianya sangat tua lho. Bahkan beberapa mainan ini sudah ada sejak dulu yang dimainkan oleh kakek dan nenek kita. Apa saja ya mainan klasik yang usianya ternyata jauh lebih tua dari yang dibayangkan?

 

Duck Hunt

Permainan duck hunt sangat mudah kita lihat pada konsol games maupun aplikasi handphone. Games ini dirilis pertama kali tahun 1984. Kita hanya perlu mengarahkan tembakan pada bebek yang terbang ke angkasa. Tokoh anjing pada permainan ini yang akan mengajarkan kita cara menembak. Ternyata, tahun 1984 bukan tahun pertama kali orang mencoba permainan ini. Tahun 1936, Ray-O-Lite Rifle, adalah orang yang pertama kali mencoba games tersebut dengan alat fisik yang terbuat dari kayu. Selama mencoba, pengembangan permainan ini terus terjadi. Termasuk penambahan tingkat kesulitan tiap levelnya. Bahkan penciptanya, Seeburg, menambahkan karakter beruang, ayam dan Adolf Hitler, tahun 1942.


Monopoli

Monopoli biasanya dimainkan saat waktu senggang atau liburan bersama keluarga bahkan dengan sahabat. Permainan ini ternyata dijual bebas pertama kalinya sejak tahun 1934. Permainan ini sendiri terinspirasi dari permainan papan tahun 1904, yang bernama Landlord's Game. Yang dibuat oleh Elizabeth Magie. Landlord's Game hampir sama seperti Monopoli. Kita belajar membeli property dan belajar menghasilkan uang darinya. Tahun 1934, Maggie menjual perusahaannya kepada Parkers Brothers. Dimana yang merupakan pembuat Monopoli original di seluruh dunia.

 

Paintball

Permainan paintball bukan hal yang baru lho. Permainan ini ditemukan pertama kali tahun 1970 oleh dua sahabat bernama Charles Gaines dan Bill Gurnsey. Keduanya menemukan cara menembak yang menyenangkan tapi enggak mematikan dengan peluru cat. Peluru jenis ini sudah lama digunakan para petani untuk menandakan wilayah kepemilikan pertanian mereka. Akan tetapi, kabarnya tahun 1900 dipercaya sebagai awal dari ide permainan ini. Saat itu permainan menembak dengan pistol yang berisi peluru lilin sedang populer. Kompetitornya harus mengenakan rompi supaya terhindar dari kecelakaan serius. Bahkan sebuah berita dilansir pada 1908 oleh Pitssburg Press, memberitakan permainan ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kebutaan. Akan tetapi permainan ini sempat masuk dalam kategori olahraga pada Olimpiade tahun 1908 di London.

 

The Sims

The Sims merupakan video game klasik yang paling populer sampai saat ini. Pertama kali diluncurkan tahun 2000 yang berisi permainan karakter dan kehidupan sehari-hari. Permainan ini juga melibatkan emosi, karir, kematian, serta dekorasi rumah yang sangat menyenangkan. Lima tahun sebelumnya, atauh pada tahun 1985, ternyata ada game yang mirip dengan The Sims. Bernama Little Computer People. Permainan ini juga membiarkan pemainnya mengkomando karakter, membangun rumah, mendekorasi bahkan bermain. Seperti bermain piano, permainan papan atau mengirim surat.


Remote Control

Permainan remote control atau RC, diproduksi pertama kali pada 1960. Setelah itu perusahaan mainan asal Itali, Elettronica Giocattoli mulai memasarkan untuk pertama kalinya tahun 1966 dengan mobil Ferrari 250LM. Meski begitu, pengamat dan kolektornya justru enggak bersependapat. Menurut mereka, permainan ini sebenarnya ditemukan pada tahun 189 oleh Nikola Tesla. Tahun 1898, pada pameran elektrik terbesar di Madison Square Garden, Nikola memamerkan hasil karyanya. Saat itu ia membuat RC kapal lengkap dengan lampu, kemudi dan baling-balingnya.

 

 

(stefanie, foto: freegamesden.com, landlordsgame.info, tumblr.com, blip.tv, teslasociety.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN