Playground

Macam-Macam Zodiak di Berbagai Negara

Published by : Marti Posted on : Sabtu, 21 Desember 2013

Macam-Macam Zodiak di Berbagai Negara

Girls, pasti tahu dong kalau rasi bintang atau zodiak itu berasal dari peradaban Yunani Kuno. Kata zodiak sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu zodion yang berarti hewan kecil. Tanda-tanda zodiak Yunani memang diwakili oleh hewan atau makhluk mitos Yunani. Nah, tapi, tahukah kita kalau di dunia ini enggak cuma ada zodiak Yunani aja, lho. Tapi ada juga zodiak-zodiak lain dari berbagai negara. Yuk, kita tengok macam-macam zodiak di India, Irlandia, Mesir, dan China.

 

India

Astrologi India dikenal juga dengan sebutan astrologi Vedic atau astrologi Hindu. Tanda-tanda zodiak di India sama seperti zodiak Yunani yang kita ketahui pada umumnya. Pada abad ketiga SM, astrolog Yunani dan astrolog India ternyata kerap berbagi pengetahuan tentang ilmu perbintangan. Hanya saja, zodiak India punya nama yang berbeda.

Nama-nama zodiak: Mesa (Aries), Vrsabha (Taurus), Mithuna (Gemini), Karkata (Cancer), Simha (Leo), Kanya (Virgo), Tula (Libra), Vrscika (Scorpio), Dhanus (Sagitarius), Makara (Capricorn), Kumbha (Aquarius), Mina (Pisces).

 

Irlandia

Zodiak Irlandia ditemukan pada peradaban Celtic. Dikenal juga dengan nama Celtic tree zodiac. Karena, tanda-tanda zodiak ini menghubungkan tanggal kelahiran dengan berbagai jenis pohon. Bangsa Celtic percaya bahwa pohon mempunyai pengetahuan sakral yang memengaruhi kepriadian seseorang.

Nama-nama zodiak: Birch (24 Des-20 Jan), Rowan (21 Jan-17 Feb), Ash (18 Feb-17 Mar), Alder (18 Mar-14 Apr), Willow (15 Apr-12 Mei), Hawthorn (13 Mei-9 Jun), Oak (10 Jun-7 Jul), Holly (8 Jul-4 Ags), Hazel (5 Ags-1 Sep), Vine (2 Sep-29 Sep), Ivy (30 Sep-27 Okt), Reed (28 Okt-24 Nov), Elder (25 Nov-23 Des).

 

Mesir

Pada jaman dulu, ternyata enggak cuma zodiak Yunani aja yang menggunakan makhluk mitos kepercayaan mereka sebagai lambang zodiak. Peradaban Mesir Kuno pun melakukan hal yang sama. Zodiak Mesir juga didasarkan pada tanggal kelahiran yang kemudian disesuaikan dengan dewa-dewi kepercayaan Mesir.

Nama-nama zodiak: Sphinx/Penjaga harta karun (27 Des-25 Jan), Shu/Dewa langit (26 Jan-24 Feb), Isis/Dewi kedisiplinan (25 Feb-26 Mar), Osiris/Dewa dunia bawah (27 Mar-25 Apr), Amun/Dewa pembangun dunia (26 Apr-25 Mei), Hathor/Dewa bumi dan langit (26 Mei-24 Jun), Phoenix/Burung kehidupan (25 Jun-24 Jul), Anubis/Penjaga dunia bawah (25 Jul-28 Ags), Thoth/Dewa pendidikan (29 Ags-27 Sep), Horus/Dewa matahari (28 Sep-27 Okt), Wadjet/Dewi kobra kerajaan (28 Okt-26 Nov), Sekhmet/Dewi perang (27 Nov-26 Des).

 

China

Nah, enggak ketinggalan juga jenis zodiak dari China yang udah terkenal mendunia banget yaitu shio. Berbeda dengan zodiak dari negara-negara di atas, shio enggak didasarkan pada tanggal kelahiran tapi pada tahun kelahiran.

Nama-nama zodiak: Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, dan Babi.

 

(nana, foto: forevercharmed459.tumblr.com, universidaddelemprendedor.com, hinduhumanrights.info, rykers.blogspot.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN