Playground

Letusan Gunung Terbesar Sepanjang Masa

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 4 Juni 2013

Letusan Gunung Terbesar Sepanjang Masa

Pernah melihat gunung meletus secara langsung enggak, girls? He-he-he. Kadang kalau memikirkan fenomena alam ini ada perasaan ngeri sendiri, ya. Apalagi kalau membayangkan lelehan panas dari dalam gunung dan asapnya yang beracun. Beberapa letusan gunung di bawah ini termasuk yang terbesar di dunia, lho. Ada gunung Krakatau juga!

 

Krakatau

Krakatoa atau yang lebih dikenal dengan nama Krakatau masih termasuk guung yang aktif. Gunung yang terletak di Selat Sunda ini sempat meletus hebat pada Agustus 1883. Ledakannya dikatakan 13 ribu kali lebih hebat dari bom Hiroshima, bahkan terdengar sampai Perth, Australia. Muntahannya sampai lebih dari 21 kilometer kubik dan batu plus debu sampai membumbung hingga 70 mil.

 

Vesuvius

Gunung yang tlah mengubur kota Pompeii ini menyebabkan kematian sampai 25 ribu jiwa. Peristiwa itu terjadi pada tahun 79 SM dan gunung ini meletus selama 20 jam tanpa henti. Hiiiy, mengerikan! Sejak itu, gunung ini terus menerus sampai tahun 1944.

 

Laki

Gunung api yang terletak di Islandia ini sudah lama 'tertidur' sejak letusan hebatnya pada tahun 1783. Gunung ini sempat membunuh sekitar 50% populasi mahluk hidup di Islandia sama awan beracunnya.

 

Tambora

Gunung yang berada di negara kita ini termasuk aktif sampai sekarang. Pada tahun 1815, gunung ini mengguncang dunia dengan letusannya. Bahkan, letusan gunung ini telah merusak stratosfir dan menyebabkan kelaparan sampai ke Amrik dan Eropa pada abad ke-19.

 

Pelee

Gunung yang sekarang jadi tujuan wisatawan yang berkunjung ke Prancis ini sempat meletus pada tahun 1902. Letusan ini termasuk yang terbesar di abad ke-20 dan menewaskan lebih dari 30 ribu orang. Dengan temperatur 1075 derajat, lahar melelehkan kota St.Pierre yang berada di bawahnya. Kota terbakar berhari-hari dan cuma ada dua orang yang selamat.

 

(lana, foto: jurnalpatrolinews.com, slideshare.net, m.inmagine.com, tamboratrek.com, easyvoyage.co.uk)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN