Playground

Kucing Unik dan Langka

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Sabtu, 11 Mei 2013

Kucing Unik dan Langka

Salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia ini disukai karena punya sifat menggemaskan dan lucu. Di antara ribuan kucing lucu di dunia ini, beberapa kucing terbilang unik dan langka. Tapi kucing-kucing ini enggak bisa kita pelihara, girls!

 

(Baca juga: Spangles Kucing Bermata Juling Yang Hobi Banget Selfie)

 

Pallas


Kucing Pallas atau kadang disebut Manul hanya seukuran kucing domestik, tapi lebih berat karena bulunya yang padat. Yang membuat kucing ini berbeda adalah matanya yang bulat dan celah gigi yang lebih sedikit. Selain itu, wajahnya pun relatif lebih datar. Habitat kucing ini ada di Eropa Timur sampai Siberia. Mulai berkembang sekitar 12 juta tahun yang lalu, Manul dianggap sebagai spesies kucing tertua di dunia, dan sekarang agak susah untuk ditemukan.

 

Gunung Andean


Selain kucing Pallas, kucing ini lebih jarang terlihat. Habitatnya hanya ada di pegunungan Bolivia, Peru, Argentina, dan Chili. Karena suka di tempat yang tinggi, kucing ini bisa dilihat di atas pohon. Populasi kucing berbuntut panjang ini hanya sekitar 2500 ekor di dunia.

 

Margay


Kalau dilihat dari rupanya, kucing ini memang seperti macan, tapi Margay seperti kucing rumahan pada umumnya, Karena memiliki kaki yang agak panjang, kucing ini merupakan pemanjat pohon yang baik. Tersebar di wilayah Meksiko dan Brazil, spesies ini mulai terancam dan sudah jarang terlihat. Suka berburu di malam hari dan bersmbunyi di hutan hujan.

 

(Baca juga: Penemuan Spesies Baru Kucing Liar di Brasil)

 

Serval


Serval merupakan salah satu jenis kucing liar Afrika yang berkaki panjang. Kucing ini diyakini sebagai nenek moyang kuno dari singa dan cheetah. Hidup di wilayah padang savana Afrika, kucing ini juga sangat cerdas. Apalagi ketika mengejar mangsa.

 

Caracal


Memiliki penampilan khas Amerika Utara, kucing ini tumbuh dengan baik di daerah Afrika dan Asia. Bisa tumbuh sampai 3 meter, Caracal lebih suka hidup di pegunungan atau daerah gurun. Hebatnya, kucing ini dapat bertahan hidup tanpa air lebih lama daripada kucing lainnya.

 

African Golden


Walaupun namanya terdapat kata emas, tapi kucing ini tidak selalu berwarna emas. Warnanya sangat bervariasi, dari warna emas kemerahan sampai abu-abu gelap. Sesuai dengan siklus hidupnya, kucing ini dapat berubah warna. Habitat asli kucing ini adalah di hutan hujan Afrika. Selain itu, kucing jenis ini diklasifikasikan sebagai kucing yang terancam punah.

 

Sand


Kucing ini hidup di padang pasir Afrika, Semenanjung Arab, dan Asia Barat. Ukurannya tidak jauh berbeda dengan kucing domestik, tetapi dengan bulu yang lebih tebal. Dengan bulu yang tumbuh diantara kaki, kucing ini bisa lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan. Selain African Golden, kucing ini juga menjadi hewan yang terancam punah.

 

(Baca juga: Fosil Kucing Tertua di Dunia Ditemukan)

 

(atifa, foto: tumblr.com, kucingdolby.com, animalpictures123.com, tigerhomes.org, fanpop.com) #KawankuArticleHunt-RaisaSiberia

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN