Playground

Kecelakaan Kereta Api Terbesar Di Dunia

Published by : Marti Posted on : Senin, 9 Desember 2013

Kecelakaan Kereta Api Terbesar Di Dunia

Kecelakaan kereta api commuter line tujuan Serpong - Tanah Abang nomor 1131 dengan truk tangki bensin Pertamina Senin, 9 Desember 2013 kemarin merupakan salah satu kecelakaan terbesar yang terjadi di sini. Sebagai alat transpotasi missal yang membawa banyak penumpang, kecelakaan kereta api sering memakan banyak jiwa. Sampai saat ini, di beberapa negara, pernah terjadi kecelakaan kereta api yang berakhir tragis. Kita cari tahu apa saja kecelakaan kereta api terbesar yang pernah terjadi, yuk.

 

Kereta Menabrak Dinding

Tahun 1895 dulu, kereta Granville-Paris Express menabrak dinding gedung Gare Montparnasse, salah satu stasiun kereta api terbesar di Paris. Tanggal 22 Oktober 1895, lokomotif kereta terdorong sejauh 30 meter lalu menabrak dinding setebal 60 cm dan akhirnya jatuh dari kedalaman 10 meter. Dari 131 total penumpang, satu orang dinyatakan meninggal dan enam orang luka-luka.

 

Kereta Tergelincir

Kecelakaan kereta di desa Eschede, distrik Celle - Lower Saxony, Jerman, pada 3 Juni 1998 merupakan kecelakaan paling menyedihkan yang pernah terjadi di kereta cepat. Kecelakaan ini terjadi karena salah satu roda kereta retak sehingga kereta jadi tergelincir. Karena kecelakaan ini, total 101 orang meninggal dunia dan 88 mengalami luka berat.

 

Kecelakaan Karena Tsunami

Bencana tsunami yang terjadi tahun 2004 lalu juga menyebabkan terjadinya kecelakaan kereta api. Tepatnya di Sri Lanka. Kereta yang dipenuhi penumpang ini melintas di pinggir pantai saat gempa dan tsunami terjadi. Kecelakaan kereta Queen of the Sea Line ini mengakibatkan 1700 orang tewas. Jumlah korban yang banyak ini disebabkan karena mereka berpikir kalau berada di dalam kereta jauh lebih aman dibanding berada di luar ketika tsunami terjadi. Ternyata, pemikiran ini keliru.

 

Pencuri Kereta

Seorang perempuan yang bekerja sebagai cleaning service di stasiun di Stokholm, Swedia, mencuri kunci kereta dan mengendarai kereta tersebut dalam kecepatan tinggi bulan Januari 2013 lalu. Akhirnya kereta tersebut keluar jalur dan menabrak tiga buah gedung. Dia mengendarai kereta sejauh 1,6 km dan jatuh dari ketinggian 25 meter. Ketika diselidiki, cewek ini mengaku kalau dia cuma membersihkan kereta itu, enggak bermaksud mencurinya.

 

Kereta Masuk Sungai

Tanggal 15 September 1997 lalu, kereta Madhya Pradesh tergelincir masuk ke sungai di India. Kereta yang melaju dari Ahmedabad menuju Howrah ini terlambat berhenti ketika tanda berhenti muncul. Akibatnya, empat gerbong berisi 300 penumpang jatuh ke dalam sungai Hansdev. Kecelakaan ini menyebabkan 70 orang meninggal dan 175 luka-luka.

 

Tabrakan Dua Kereta

Tanggal 22 April 2994 lalu terjadi tabrakan dua kereta yang membawa minyak dan gas di Ryongchon. Tabrakan ini menyebabkan ledakan di daerah tersebut dan mengakibatkan 161 orang tewas, 76 orang di antaranya siswa, dan 1300 orang terluka. Plus, hilangnya stasiun Ryongchon dan beberapa bangunan di sekitarnya. Sayangnya, kecelakaan ini ditutup-tutupi oleh pemerintahan Korea Utara sehingga enggak banyak berita yang bisa diketahui.

 

Tragedi Bintaro

Sebelum kejadian kecelakaan di Bintaro, kecelakaan yang sama juga pernah terjadi di lokasi yang berdekatan. Tepatnya, tanggal 19 Oktober 1987 dan ditetapkan sebagai kecelakaan terburuk di Indonesia. Kecelakaan ini terjadi antara dua kereta yang berlawanan arah. Setelah diperiksa, kecelakaan ini murni karena kelalaian. Akibatnya, masinis kereta bernama Slamet Suradjo dihukum lima tahun penjara dan kondektur kereta, Adung Syafei, dihukum penjara 2 tahun 6 bulan. Kecelakaan ini mengakibatkan 156 orang tewas dan lebih dari 300 orang terluka.

 

(iif. foto: retronaut.com, dailytelegraph.com.au, pulsk.com, theguardian.com, caravanmagazine.in, chinnadaily.com.cn, shangkala.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN