Playground

Karya Seni Keren dari Plastik Bekas

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Sabtu, 4 Mei 2013

Karya Seni Keren dari Plastik Bekas

Plastik itu bahan yang enggak asing bagi kita. Hampir semua barang-barang kebutuhan kita memakai plastik. Diperkirakan, penduduk dunia menghasilkan 500 juta sampai 1 milyar kantong plastik dalam setahun. Padahal udah tahu kan, kalau plastik itu membutuhkan waktu 100 sampai 500 tahun untuk terurai dalam tanah?

 

Nah, dalam rangka cinta lingkungan, para seniman jenius ini punya cara unik memanfaatkan plastik. Kita lihat karya-karya mereka yuk!

 

Terowongan botol plastik.

Ini adalah terowongan dari botol plastik bekas. Sebenarnya ini adalah seni instalasi yang terbuat dari ribuan botol plastic bekas. Dipamerkan di pameran Arsitektur Venice Biennale dan dibuat oleh Rodrigo Garcia dan Maciej Siuda. Tujuan dari karya ini adalah bikin kita sadar kalau limbah itu bisa sedemikan banyaknya.

 

Soaring horse.

"A soaring horse ready for a ride around the world." Begitu kutip salah satu media yang mempublikasikan karya ini. Lihat deh efek garis-garis yang muncul dari dinding. Sang kuda seolah-olah kuat dan cepat banget ya? Ternyata pembuatnya adalah seorang seniman bernama Sayaka Kajita Ganz.


Botol pelangi.

Botol pelangi ini cantik banget. Ini seperti dua botol besar yang menyatu. Semua ini terbuat dari botol plastic susu bekas yang diwarnai, dibakar dan dibentuk sedemikian rupa. Karya cantik ini dibikin oleh Caroline Saul, seorang seniman Inggris yang emang punya hobi bikin karya dari sampah. Keren!


Lampu Plastik.

Lampu maha besar ini adalah buatan Katherine Harvey, seorang seniman yang peduli banget sama lingkungan. Tinggi dari lampu yang terbuat dari plastik bekas ini adalah 21 kaki. Lebarnya 15 kaki dan dipajang di Galeri Santiago Calatrava Toronto.

 

Ikan cantik.

Ikan cantik ini terbuat dari botol plastic bekas, peniti, kertas, furniture bekas, benang nilon dan lain-lain. Karya cantik ini adalah buatan Cristins dan Gustavo dalam workshop mereka .

 

Pasangan pengantin.

Seni instalasi yang terbuat dari plastik bekas ini adalah bikinan Diane Kurzyna yang dipajang di Contemporary Urban Art Windows, Tacoma WA USA. Dia menggunakan bubble wrap, tape, dan kantung plastik bekas.

 

Layar botol.

Ilona Bryan sebenarnya enggak pernah kepikiran untuk bikin dinding dari plastik. Kalau mau melihat langsung, kita bisa melihatnya di Skotlandia.

 

Bunga botol soda.

Bunga yang dibuat dari botol soda bekas ini adalah karya Michelle Brand. Kelihatan gampang dibuat tapi cantik banget ya?

 

Ubur-ubur.

Ubur-ubur dari plastik bekas ini adalah karya cantik bikinan Miwa Koizumi. Unik banget ya?

 

(dea, foto: kaskus.co.id, apartementtherapy.com, ecofriend.com, greendiary.com, thedailygreen.com, dishfunctionaldesigns.blogspot.com)

 

Tags : art seni

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN